Jokowi Ingatkan Para Kades Gunakan Material dari Desa saat Bangun Infrastruktur

 Jokowi Ingatkan Para Kades Gunakan Material dari Desa saat Bangun Infrastruktur

Foto: Presiden Joko Widodo

Letternews.id — Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepala desa (Kades) agar bahan baku untuk membangun infrastruktur seperti semen dan batu bata dibeli dari desa tersebut. Hal ini agar ada perputaran uang, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.

“Saya hanya titip, bolak-balik saya sampaikan kalau membangun fisik ataupun nonfisik gunakan bahan-bahan material dari desa itu, dari desa Bapak/Ibu semuanya. Paling jauh itu dari kecamatan,” kata Jokowi saat membuka Silaturahmi Nasional Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2022 di Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). Kemarin.

BACA JUGA:  Kunjungan Kerja, Presiden Jokowi Saksikan BWF World Tour Finals 2021

“Mau beli semen, ada di desa beli di desa. Mau beli batu bata, ada di desa beli di desa kita sendiri. Supaya apa? Uang itu berputar terus di desa kita, paling jauh di kecamatan kita,” sambungnya.

Dia tak ingin dana desa yang sudah dianggarkan pemerintah nantinya kembali lagi ke kota, khususnya Jakarta. Pasalnya, hal ini akan membuat ekonomi hanya bertumbuh di kawasan perkotaan saja.

BACA JUGA:  Besok, Presiden Lepas Iring-iringan Pembalap MotoGP

“Jangan sampai uang itu kembali ke kota apalagi kembali ke Jakarta. Hati-hati kembali lagi kesini, hati-hati berarti pertumbuhan ekonomi secara terus-menerus dan berkelanjutan itu akan juga kembalinya ke pusat lagi,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepala desa membeli kebutuhan apapun di desanya. Termasuk, kebutuhan sehari-hari, seperti telur dan makanan tambahan gizi lainnya.

BACA JUGA:  PHRI Badung Apresiasi Gubernur Bali Atas Perjuangkan Wisman Masuk Bali Tanpa Karantina

“Ini penting sekali, beli apa-apa semuanya dari desa kita. Apapun, mau beli telur untuk misalnya tambahan gizi untuk anak, tidak perlulah harus ke kota. Cari mungkin terpaut harganya, terpaut tapi tetep beli di desa kita karena nanti uangnya berputar di situ terus,” jelas Jokowi.

Ia meyakini hal ini akam mensejahterakan kehidupan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di desa. Jokowi berharap angka kemiskinan di desa dapat terus menurun lebih rendah lagi.

BACA JUGA:  Bendesa Desa Adat Denpasar Selatan Ajak Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban Selama Event World Water Forum ke-10

“Kita harapkan ini kalau enggak pandemi, sebetulnya sudah agak tajam. Tapi karena ada pandemi, naik sedikit lagi. Ini yang kita harapkan kenapa pembangunan itu dimulai dari desa,” tutur Jokowi.

(LN/IS)

.

Bagikan: