Tawur Agung Kesanga, Wali Kota Jaya Negara Harapkan “Gering Agung” Covid-19 Sirna

 Tawur Agung Kesanga, Wali Kota Jaya Negara Harapkan “Gering Agung” Covid-19 Sirna

Foto: Tawur Agung Kesanga di Denpasar Dipuput Sarwa Sadhaka Wali Kota Jaya Negara Harapkan “Gering Agung” Covid-19 Sirna

Letternews.id — Prosesi Tawur Agung Kesanga sebagai rangkaian hari suci Nyepi, Caka 1944 Tahun 2022 berlangsung, Selasa (2/3) di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung.

Di puput Sarwa Sadhaka dengan rangkaian Tawur Agung dihadiri Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dan Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. Tampak pula hadir Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, dan OPD terkait.

BACA JUGA:  Awal Tahun Jaga Kesehatan Mental

Wali Kota Jaya Negara usai mengikuti prosesi Tawur Agung menyampaikan dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga dengan prosesi tingkat upacara utama berharap “Gering Agung” Covid-19 dapat segera sirna dan masyarakat dapat melaksanakan swadarma masing-masing. “Prosesi upacara Tawur Agung Kesanga tahun ini dengan upacara tingkat utama dengan harapan gering agung dapat sirna dimuka bumi, masyarakat dapat melaksanakan swadarma masing-masing dan perosesi Nyepi dapat berjalan dengan baik,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan terkait dengan prosesi “pengerupukan” yakni pelaksanaan ogoh-ogoh dapat berjalan lancar. Terkait ini telah dilakukan koordinasi dan komunikasi dengan Forum Komunikasi Daerah Pimpinan Daerah Kota Denpasar, Bendesa Adat, Sabha Upadesa, Pecalang, dan Paiketan Yowana Denpasar.

BACA JUGA:  12 Ogoh-Ogoh Terbaik Denpasar Siap Tampil di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung

Jaya Negara berharap masyarakat dapat melaksanakan Hari Suci Nyepi dengan baik dan selalu taat pada prokes. “Prosesi ogoh-ogoh dan para yowana Denpasar cinta terhadap kotanya cinta terhadap budayanya dan optimis pelaksanaan ogoh-ogoh dapat berjalan dengan baik dan sudah kita koordinasikan dengan baik dengan poin penting untuk selalu taat pada protokol kesehatan,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Surya Antara menyampaikan tawur agung tahun ini mengambil tingkatan utama dengan prosesi menggunakan kerbau, sapi, angsa dan juga kucit butuan. Persiapan prosesi Tawur Agung telah berlangsung sejak minggu lalu. Persiapan meliputi pemelaspasan tetangunan, ngingsah dan mepepada. “Pelaksanaan tawur agung ini sebagai penyucian bhuwana alit dan bhuwana agung yang tidak terlepas dan kondisi situasi pandemi saat ini dengan keterlibatan peserta terbatas dalam rangkaian tawur tagung,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bawaslu Minta Warga Laporkan Bila Ada Temuan Kampanye di Rumah Ibadah

Lebih lanjut disampaikan sarwa sadhaka yang muput prosesi meliputi Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten Griya Sari Tegal Denpasar, Ida Pedanda Jelantik Giri Griya Gunung Sari Peliatan Ubud Gianyar, Ida Rsi Bujangga Oka Griya Yadnya Denpasar, Ida Pandita Dukuh Acarya Dhaksa Griya Padukuhan Samiaga, Ida Sri Mpu Dharma Sunu Griya Sira Mpu Pande, Ida Pandita Empu Nabe Dhaksa Mertha Yoga, Griya Agung Beraban Denpasar.

(LN/RLS)

.

Bagikan: