Suasana Nyepi di Denpasar, Jalanan Sepi Tanpa Kendaraan

 Suasana Nyepi di Denpasar, Jalanan Sepi Tanpa Kendaraan

Foto: Situasi Jl. Pertigaan SMA 2 Denpasar

Digiqole Ad

Letternews.id — Hari raya Nyepi jatuh pada hari ini, Kamis (3/3/2022). Jalanan Denpasar yang biasanya ramai lalu lalang kendaraan pun tampak sepi. Sehari sebelumnya, tepatnya pada hari pengrupukan, umat Hindu di bali melaksanakan upacara pencaruan baik di tingkat banjar adat hingga di rumah masing-masing. Tujuannya untuk menetralisir energi negatif menyambut tahun baru Saka 1944.

Situasi salah satu desa di Denasar Bali sejak pukul 06.00 pagi kondisi jalan raya sepi tak ada kendaraan ataupun warga yang tampak keluar rumah. Bahkan banyak rumah warga, yang tampak menutup pintu. Tak hanya itu, seluruh aktivitas seperti warung, toko, peternakan juga ditutup. Aktivitas warga hanya dibatasi hingga di halaman rumah masing-masing.

BACA JUGA:  Bandara Ngurah Rai Bali Tutup Operasional Selama Nyepi

Di hari raya Nyepi ini, umat Hindu dianjurkan untuk melaksanakan catur brata penyepian. Di dalamnya ada lima macam puasa, yakni tidak berpergian atau keluar rumah, tidak menyalakan api, tidak bersenang-senang dan tidak berkerja.

Salah satu yang paling menonjol tampak yakni tidak berpergian. Puasa itu yang memperlihatkan seluruh jalan raya yang ada di Bali tak ada kendaraan.

BACA JUGA:  Publik Menilai Atas Kinerja Presiden Jokowi Capai 78,3 persen

Kondisi ini akan berlangsung hingga besok pukul 06.00. Warga akan menyambut hari raya ngembak geni yang dimaknai sebagai hari memohon maaf antar umat. Saat itu umat Hindu bertemu sanak keluarga setelah seharian melaksanakan catur brata penyepian.

(LN/RD)

.
Digiqole Ad
Bagikan: