Serangkaian HUT 234 Tahun Kota Denpasar, Jaya Negara Tutup Festival Legong Keraton Lasem

 Serangkaian HUT 234 Tahun Kota Denpasar, Jaya Negara Tutup Festival Legong Keraton Lasem

Foto: Jaya Negara Serahkan Juara Festival Legong Keraton Lasem,

Letternews.id — Festival Tari Legong Keraton Lasem kembali digelar dalam memeriahkan Hut Kota Denpasar Ke-234 tahun 2022.

Tahun ini, 90 orang peserta terlibat dalam Festival Tari Legong Lasem yang digelar di Ruang Taksu, Dharma Negara Alaya. Secara resmi pada Senin (14/2) Festival Legong ditutup Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para pemenang.

BACA JUGA:  UMKM Binaan PLN Keliling Pakai gerobak listrik

“Selamat kepada para pemenang Lomba Tari Legong Keraton Lasem, dan prestasi ini dapat menjadi cambuk semangat untuk terus berlatih dan mengembangkan diri dalam melestarikan seni budaya Bali khusunya Tari Bali,” ujar Jaya Negara didampingi Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Purwantara.

Lebih lanjut disampaikan Tari Legong Lasem salah satu tarian dasar dari tari Bali dengan keseluruhan gerak tari khusunya tari perempuan tertuang dalam gerak Tari Legong Lasem. Sehingga tujuan diadakannya lomba ini sebagai wadah generasi muda dalam kaderisasi seni dan budaya di Kota Denpasar. “Kami ucapkan terima kasih juga kepada pihak Puri Agung Denpasar sebagai penggagas Festival Legong Keraton Lasem yang bekerjasama dengan Pemkot Denpasar dalam memberikan ruang ekspresi dan kreativitas kepada anak-anak generasi khususnya di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

BACA JUGA:  Pemkot Denpasar Gandeng Yayasan Beji Bhoewana Bali Bersihkan Situs Budaya

Sementara itu Pengelingsir Puri Agung Denpasar, Anak Agung Ngurah Agung Wira Bhima Wikrama mengatakan, Festival Legong Keraton Lasem ini bertujuan untuk pelestarian budaya khususnya tari pelegongan. Karena tari pelegongan merupakan tari ibu. Artinya sebagian besar gerak tari Bali ada pada Tari Legong Lasem ini.

“Untuk itu dalam menyambut HUT ke-234 Kota Denpasar Tarian Legong Keraton ini yang diperlombakan untuk memeriahkan HUT ke-234 Kota Denpasar, disamping untuk pelestarian seni budaya,” ujarnya.
Untuk peserta yang terlibat tahun ini sebanyak 30 tim. Satu tim terdiri dari 3 orang sehingga jumlah totalnya sebanyak 90 orang. Adapun yang juara I katagori Tari Legong Langke Sari diraih Ni Putu Listiyana Pradnya, katagori Legong Keraton Kelompok juara I diraih I Made Sekarang, katagori Tari Legong Prabu Lasem juara I diraih Putu Vina Arliani Putri dan katagori Condong Perorangan juara I diraih Komang Putri Keisha Martayani.

(LN/PUR)

.

Bagikan: