Satpol PP Bali Harus Tegas Namun Humanis

 Satpol PP Bali Harus Tegas Namun Humanis

Foto: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Prabawa Bali Trepti

Digiqole Ad

Letternews.net — Penjabat Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya menyambut baik kerjasama perlindungan wilayah yang diprakarsai oleh Satuan Polisi Pamong Praja se-Bali. Penandatanganan kerjasama ini dirasakan sangat penting untuk menjaga keamanan Bali dari segala bentuk gangguan tindak kekerasan, kejahatan dan kriminalitas dalam masyarakat yang heterogen, sehingga dapat menjalankan tugas secara optimal, karena Satuan Polisi Pamong Praja merupakan aparat penegak hukum dan aturan yang menempel dengan pemerintah dan cepat bergerak di lapangan. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan pada kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Prabawa Bali Trepti, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Selasa (17/10).

BACA JUGA:  Ganjar Nyatakan Nyapres 2024, Ini Reaksi Partai Bulan Bintang

Pada kesempatan ini, Penjabat Gubernur Bali Mahendra Jaya juga menyampaikan kesiapan anggota dalam menghadapi dan memilah secara bijak terkait isu yang ada di lingkungan tataran tingkat nasional dan internasional itu sangat penting. “Jangan hanya tegas melakukan penindakan, namun anggota Satuan Polisi Pamong Praja juga wajib memahami teori penyebab kejahatan itu bisa terjadi, sehingga dapat dilakukan penanggulangan secara dini,” ungkap purnawirawan perwira tinggi POLRI ini.

Diingatkannya lagi, bahwa saat ini sudah memasuki tahun politik, sehingga kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan menjadi harga mati demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, disamping agar masyarakat dan setiap warga negara tidak terpecah belah, karena keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi bagi suatu negara.

BACA JUGA:  Binaan Kodim 1609/Buleleng, Wakili Bali Dalam Lomba Kampung Pancasila

Selanjutnya, Pj. Gubernur Bali meminta anggota Satuan Polisi Pamong Praja menjadi ‘cooling system’ dalam pemecahan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Tetap tegas namun humanis dan tidak memberikan celah pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi. Hal ini sangat penting agar setiap warga negara terlebih wisatawan dapat meningkatkan kedisiplinan dan rasa memiliki Bali sebagai tempat tinggalnya.

“Jangan sampai wisatawan yang datang ke Bali seenaknya bertingkah laku lantaran diberi contoh (pembiaran terhadap pelanggaran hukum) oleh orang kita sendiri. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, sehingga kita sebagai warga lokal mampu berdiri sebagai panutan dan contoh yang patut ditiru oleh wisatawan yang datang,” tegas Mahendra Jaya.

BACA JUGA:  Kodam IX/Udayana Gelar Upacara Bendera Tegaskan Netralitas TNI Harus Dijaga

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang.

Selain itu, meningkatnya permasalahan dan tantangan sektor kepariwisataan pasca Covid-19 dan konsekuensi logis pasca ditetapkannya Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali.

BACA JUGA:  Megawati Soekarno Putri, Angkat Bicara Soal Putusan MKMK

Tercatat pada tahun 2023 ini (sampai bulan September) sudah terjadi sebanyak 193 kasus Non Yustisi.

“Pemilu serentak tahun 2024 mendatang mengusung branding Pemilu penuh kasih sayang, sehingga diharapkan tidak akan ada gangguan Linmas, dan saya harapkan semua akan berjalan lancar,” ungkap Kasat Pol PP Dewa Rai Dharmadi.

Dengan kekuatan personil Satuan Polisi Pamong Praja sebanyak 2.406 se-Bali dan 23.775 personil Linmas diharapkan mampu menjaga Bali dan menghalau tindakan kejahatan yang dimulai dari bibit – bibitnya sebelum menjadi besar.

BACA JUGA:  Kabareskrim : Tindak Tegas Pelaku TPPO Sampai Ke Akar

Ke depan juga akan di bentuk Pol PP Pariwisata, yang bergerak menjaga keberlangsungan dan kenyamanan wisatawan, yang memiliki wewenang menertibkan wisatawan nakal dengan tetap menyajikan suasana dan tata cara yang nyaman untuk para wisatawan. (LN/HUM)

.
Digiqole Ad
Spread the love