Pasca Banjir, Masyarakat Terdampak Dapat Pelayanan Kesehatan

 Pasca Banjir, Masyarakat Terdampak Dapat Pelayanan Kesehatan

Foto: pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak banjir

Letternews.net — Pasca terjadinya bencana alam banjir, yang terjadi Sabtu (8/10) kemarin, Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Damakemas UPT Pukesmas II Denpasar Barat melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak banjir seputar Jalan Pura Demak di Mushola Al Qomar Minggu (9/10).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar Tri Indarti mengatakan, saat ini banjir sudah surut, meskipun demikian pihaknya harus tetap memperhatikan kesehatan kepada masyarakat, sehingga pelayanan ini dilaksanakan.

BACA JUGA:  Siswa SMA 17 Tahun Diperkosa

“Sesuai instruksi Bapak Walikota diminta agar seluruh OPD yang terkait agar melakukan gerak cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai Tugas dan Fungsi nya masing masing masing. Kami di instansi kesehatan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir,” kata Tri Indarti. Pelayanan yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan vitamin bagi warga sekitar yang terdampak banjir.

Dengan adanya pelayanan ini menurut Tri Indarti banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut. Dari berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan yang banyak dikeluhkan adalah sakit gatal-gatal, demam dan pegal. “Banyak mengeluh pegal karena situasi banjir, mereka mengankut barang yang terendam air,” katanya.

BACA JUGA:  Kejari Badung Teken MoU dengan RSD Mangusada

Lebih lanjut dikatakan kesehatan jatuhnya di hilir dalam artian dampak untuk secara umum dari pelayanan ini adalah untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh. Mengingat situasi hujan ketahanan tubuh akan menurun. Sehingga dalam kegiatan ini pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pola hidup sehat ditambah vitamin untuk meningkatkann imunitas.

Untuk pelayanan berikutnya pihaknya masih melihat situasi mengingat pelayanan kesehatan di Puskesmas sudah buka seperti biasa.

(LN/HUM/PR)

.

Bagikan: