Pastikan Kondisi Kesehatan Pemangku Pura Sehat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Gelar Pemeriksaan Kesehatan

 Pastikan Kondisi Kesehatan Pemangku Pura Sehat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Foto: Jero Mangku saat dilakukan pemeriksaan tensi

Letternews.net — Peringati Hari Kemerdekaan RI ke 79 dan Hari Pramuka ke 63 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adakan pengabdian masyarakat berkolaborasi dengan program studi orthopaedi, traumatology, patologo klinik, ilmu kesehatan mata, ilmu penyakit dalam dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali. menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang memfokuskan kepada pelayanan kesehatan kepada para pemuka agama di pura dalam pengembak sanur  (17/8/2024).

BACA JUGA:  Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Denpasar Gelar Gebyar Edukasi Gizi

Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, SpB, SpOT(K). Mengatakan, sebagai wujud dari peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79, pihaknya mendatangkan tim kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemuka agama (jero mangku)

“Di dalam pemeriksaan tersebut, pada dasarnya hanya untuk mengetahui secara dini, kemungkinan terjadinya kepada pemangku dalam bentuk memberikan pelayanan kesehatan dan screening kesehatan berupa cek tekanan darah, gula darah, dan asam urat serta pengobatan gratis bagi pemangku dan memberikan konsultasi mengenai kesehatan serta pengobatan gratis.” Jelas I Ketut Suyasa.

BACA JUGA:  Bersama Mitra Kerja, BKKBN Gencar Sosialisasi Penurunan Stunting di Buleleng Bali

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu aspek dari penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita yang diawali dengan upacara bendera dan persembahyangan bersama di Pura Dalam Pengembak memohon penganugerahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga diberikan kerahayuan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan.

Foto: Tim pengabdian masyarakat

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dan dukungan yang sangat besar dari Pemangku Pura karena dapat berkonsultasi mengenai kesehatan langsung kepada dokter yang bertugas, terutama konsultasi kesehatan.

BACA JUGA:  Menuju Generasi Emas 2045, DPR dan BKKBN Gencar Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bangli

Pemangku Pura, Jro Mangku Made Ranten, di area Pura Pengembak Mertasari berharap kegiatan ini dilaksanakan berkala dan berkelanjutan sehingga perlu kondisi yang baik dan beliau berterimakasih atas dilaksanakannya pengabdian ini sebagai sebuah Yadnya dan semoga ditingkatkan dengan pelaksanaan yang lebih terjadwal.

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kedepannya akan terus berkomitmen untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki.

BACA JUGA:  Sosialisasi Gizi Tentang Pencegahan dan Peanggulangan Stunting Pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Gianyar

Kegiatan dihadiri Purna Aktivis Dewan Kerja (PADK) dan Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali.

Reporter: Anto.

 

.

Bagikan: