PKM Pengembangan Desa Siangan Sebagai Desa Wisata Menuju Pariwisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan di Kabupaten Gianyar 

 PKM Pengembangan Desa Siangan Sebagai Desa Wisata Menuju Pariwisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan di Kabupaten Gianyar 

Letternews.net — Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kantor Desa Siangan yang berjudul “PKM Pengembangan Desa Siangan Sebagai Desa Wisata Menuju Pariwisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan Di Kabupaten Gianyar.

BACA JUGA:  Kejadian Bencana di Picu Perubahan Iklim

Manfaat yang diperoleh dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah mampu memberikan dampak positif dan baik untuk meningkatkan infrastruktur penunjang dari destinasi wisata berupa papan informasi dan meningkatkan pengetahuan mengenai desa wisata dan diberikan pelatihan kepada masyarakat lokal untuk meningkatkan kemampuan SDM Pedesaan dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Desa Siangan.

Dengan adanya dukungan fasilitas memadai dan keaktifan pihak mitra, suasana pengabdian menjadi sangat kondusif. Pihak mitra sangat memahami kebutuhan dari diskusi ini untuk memperkuat dan mengembangkan kinerja para staf dalam wawasan meningkatkan potensi desa yang dimiliki sebagai desa wisata.

Tim kegiatan pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pengabdian dengan memberikan infrastruktur penunjang untuk destinasi wisata Bandung Waterfall berupa papan informasi, yang nantinya digunakan sebagai pedoman bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mentaati aturan saat berkunjung.

BACA JUGA:  Yusril Ihza Mahendra, MK Masih Mempunyai Integritas Sebagai Penjaga Supremasi Konstitusi

Selanjutnya, untuk sesi ceramah dan diskusi dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada hari Rabu, 15 Mei 2024 bertempat di Kantor Desa Siangan, yang diikuti oleh perangkat Desa Adat, Dinas, Binmas, BPD dan Anggota POKDARWIS Desa Siangan.

Faktor yang mendukung kegiatan pengabdian di Desa Siangan adalah antusiasme para peserta untuk bekerjasama dan berkolaborasi di dalam kegiatan program kemitraan masyarakat. Selain itu, Kepala Desa Siangan beserta jajaran juga menyambut kegiatan ini dengan baik dan positif.

Pihak mitra berharap dengan adanya kegiatan pengabdian ini, mampu membantu meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Siangan agar dikenal oleh kalayak ramai.

Reporter: Den

.

Bagikan: