Hari Kesaktian Pancasila: Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

 Hari Kesaktian Pancasila: Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

Foto: Kodam IX/Udayana Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Digiqole Ad

Letternews.net — Setiap tanggal 1 Oktober diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

BACA JUGA:  Bawaslu Minta KPU Segera Perbaiki Masalah Sirekap

Terkait hal tersebut, Kodam IX/Udayana secara terpusat menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dilaksanakan di lapangan Makorem 163/Wira Satya, Jalan Sudirman, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Sabtu (1/10/2022).

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M, memerintahkan Danrem 163/WSA Brigjen TNI Choirul Anam, S.E.,M.M., untuk memimpin sebagai Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodam IX/Udayana yang berada di wilayah Denpasar. Upacara tersebut ditandai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, kemudian pembacaan Ikrar dan diakhiri dengan pembacaan Doa.

BACA JUGA:  Pancasila Landasan Falsafah Negara

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengusung tema “ Bangkit Bergerak Bersama Pancasila “.Tema tersebut di jadikan momentum dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk terus bergerak dan berjuang menuju bangsa Indonesia yang berkarakter, berjiwa nasionalisme dan cinta tanah air demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan NKRI.

(LN/PEN/HUM)

.
Digiqole Ad
Spread the love