Bali Terlihat Indah Saat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023

 Bali Terlihat Indah Saat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023

Foto: Penjor

Letternews.net — Bali selalu terlihat indah saat hari raya Galungan dan Kuningan. Setiap masyarakat Bali selalu memasang penjor di depan rumah masing-masing.

BACA JUGA:  PLN Himbau Masyarakat Untuk Berhati Hati Saat Pasang Penjor

Selain itu itu, hal lain yang identik dengan hari raya Galungan dan Kuningan adalah daging babi guling daging babibyang di panggung secara utuh.

Terkait Galungan dan Kuningan tahun 2023, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali, Nyoman Kenak mengatakan tidak ada suatu yang khusus atau dalam hari raya Galungan dan Kuningan kali ini. Sama seperti sebelum-sebelumnya.

Hanya saja dia mengingatkan agar perayaan hari raya Galungan dan Kuningan tidak hanya dimaknai dengan pasang penjor di depan rumah dan bunuh babi.

BACA JUGA:  Ini 3 Nama Capres Pilihan Warga NU Versi CSIIS

Yang paling penting menurutnya adalah tentang bagaimana umat Hindu benar-benar mengalami makna dari hari raya Galungan dan Kuningan itu sendiri.

“Menjadi momen yang penting untuk kita ambil hikmahnya, bukan semata-mata hanya sekadar memenjor (pasang penjor) ataupun bunuh babi, tapi kita betul-betul harus merayakan kemenangan,” ucap Kenak saat dihubungi Suara Denpasar, Selasa (1/8/2023).

Kenak menjelaskan, kemengan yang dimaksudkan adalah kemenangan atas pengendalian diri, atau meredam segala keinginan yang bersifat negatif.

BACA JUGA:  Bawaslu Kota Denpasar Lantik Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kota Denpasar

“Merayakan kemenangan, ya kita bersyukurlah karena sudah menaklukkan musuh itu sendiri. Musuh itu bukan musuh yang ada di luar, musuh yang paling susah dikalahkan adalah yang ada dalam diri kita sendiri,” jelasnya.

Karena itu, Kenak berharap Galungan dan Kuningan kali ini dapat dirayakan secara serius oleh umat Hindu agar menjadi pribadi yang bebas dari keinginan-keinginan negatif.

“Saya berharap umat Hindu baik yang ada di Bali maupun yang ada di luar Bali agar bisa merayakan Galungan dan Kuningan dengan baik. Betul-betul ambil hikmah dari arti Galungan dan Kuningan itu sendiri,” tandas Kenak. LN/DIN)

.

Bagikan: