Pemerintah Bakal Subsidi Telur Jadi Rp 10.000 per Kg

 Pemerintah Bakal Subsidi Telur Jadi Rp 10.000 per Kg

Foto: Telur

Letternews.net — Pemerintah akan memberikan subsidi harga telur ayam ras bagi masyarakat menjadi sebesar Rp 10.000. Subsidi ini menyasar kelompok masyarakat tertentu melalui program pangan bersubsidi.

Adapun masalah subsidi ini dibahas dalam rapat yang dipimpin oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

BACA JUGA:  Pemerintah Kota Denpasar Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Penataran Agung Rinjani

“Tentunya, ada beberapa bahan pokok yang naik, seperti telur dan beras, tapi tidak signifikan,” kata Heru dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) belum lama ini.

Untuk masyarakat yang termasuk ke dalam penerima subsidi di antaranya pemegang Kartu Pekerja Jakarta, Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, lansia Jakarta, penyandang disabilitas, penghuni rumah susun, dan guru-guru honorer.

Berdasarkan Info Pangan Jakarta, rata-rata harga telur ayam ras di DKI per kilogram pada terkahir Selasa (20/12) mencapai Rp30.870 per kilogram.

BACA JUGA:  Pemerintah Bebaskan Empat Dokumen dari Bea Meterai

Harga telur ayam ras paling tinggi di Pasar Pasar Tebet Barat mencapai Rp33.000 per kilogram dan terendah di Pasar Mampang Prapatan Rp28.000 per kilogram.

Terkait hal ini, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI menuturkan, peningkatan kebutuhan pangan tertinggi terjadi pada komoditas telur ayam sebesar 12,72 persen sejak beberapa hari menjelang Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:  Bawaslu Segera Rilis Kerawanan di Pilkada Serentak 2024

Tidak hanya itu, kenaikan harga pakan ternak dan penggunaan telur sebagai bantuan sosial rutin serta bantuan bencana alam juga mendorong tingginya permintaan. (LN/NET)

.

Bagikan: