Ketua PBNU Gus Yahya Puji Al-Azhar

 Ketua PBNU Gus Yahya Puji Al-Azhar

Foto: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf

Letternews.net — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya  menyampaikan terima kasih kepada Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, atas perannya dalam mendidik para pelajar NU selama lebih dari satu abad.

“Kami sangat berterima kasih atas jasa Al-Azhar selama lebih satu abad ini dalam mendidik pelajar-pelajar kami dari generasi ke generasi,” kata Gus Yahya dalam forum Interfaith and Intercivilizational Reception di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 10 Juli 2024.

BACA JUGA:  898 Personel Lantas untuk Kawal Keamanan HUT RI di IKN

Menurut Gus Yahya, ilmu dari para ulama-ulama  Al-Azhar telah membentuk generasi penyuluh dan pembimbing umat yang tersebar di lingkungan NU.

“Dengan ilmunya para ulama ahlussunnah wal jama’ah untuk menjadi penyuluh-penyuluh dan pembimbing-pembimbing umat, sehingga ulama azhariyyun bertebaran di lingkungan jam’iyyah dan jama’ah kami,” ujar Gus Yahya

Selain itu, Gus Yahya menilai, peran Syekh El-Tayeb dan Al-Azhar sangat penting dalam menyebarkan nilai-nilai perdamaian global dari dunia Islam, termasuk melalui konsep Islam wasathiyah atau Islam moderat.

BACA JUGA:  Ini 3 Nama Capres Pilihan Warga NU Versi CSIIS

“Kami sangat berterima kasih atas peran Syaikh dan Al-Azhar dalam menggaungkan nilai-nilai perdamaian global dari dunia Islam, antara lain dengan memperkenalkan wacana tentang Islam wasathiyah,” ungkapnya.

Bagi Gus Yahya, kunjungan ini menegaskan kembali hubungan erat antara NU dan Al-Azhar dalam upaya bersama mempromosikan perdamaian, moderasi, dan pemahaman Islam yang inklusif.

“Ahlussunnah wal Jamaah itu sebagai bagian dari peradabannya sambil tetap bersikukuh untuk mempertahankan keramah-tamahannya kepada siapa saja walaupun berbeda, dan terus bertekad melestarikan persaudaraan, kesetaraan dan harmoni di tengah aneka-ragam suku, budaya dan agama-agama,” papar Gus Yahya.

BACA JUGA:  Kwartir Gerakan Pramuka Bali Gelar Rakerda Pramuka Tahun 2022

Tak lupa, Gus Yahya menyebut sejumlah tokoh yang hadir dalam forum ini, yaitu Rais ‘Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, beserta pembesar-pembesar ulama, petugas-petugas jam’iyyah dan kader NU.

Hadir pula para pemimpin agama-agama, Katholik, Protestan, Hindhu, Budha, dan Kong Hu Cu, dengan perwakilan jemaat mereka masing-masing.

Reporter: Hum

.

Bagikan: