Pendampingan Tim PKM Unwar, Perencanaan Penataan Fasilitas Penunjang di Kawasan Pura

 Pendampingan Tim PKM Unwar, Perencanaan Penataan Fasilitas Penunjang di Kawasan Pura

Foto: Diskusi dengan Bendesa Adat Peguyangan Selaku Mitra PkM serta Hasil Perencanaannya

Letternews.net — Tim Program Kemitraan Masyarakat (PkM) Universitas Warmadewa (Unwar) yang terdiri dari tiga personil dari disiplin ilmu Arsitektur dan Teknik Sipil, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Adat Peguyangan Denpasar yang menghasilkan masterplan penataan fasilitas penunjang di kawasan Pura Puseh dan Pura Desa. Kegiatan PkM diketuai oleh dosen dari program studi Arsitektur yaitu Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T. dan melibatkan dua anggota yang berasal dari rumpun ilmu yang sama yaitu Ir .I Wayan Wirya Sastrawan,S.T., M.Sc. dan Program Studi Teknik Sipil yaitu Dr. Ni Komang Ayu Agustini, S.T., M.Eng. juga melibatkan dua orang mahasiswa semester 4 dari disiplin ilmu Arsitektur yaitu I Putu Adi Jaya Wiguna dan I Gede Aviel Aditya Ardinanta . Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama 8 bulan dimulai bulan Februari 2024 dan akan berakhir pada bulan September 2024.

BACA JUGA:  138  Alumni FP Unwar dari Berbagai Angkatan Hadiri Temu Alumni Fakultas Pertanian

Kegiatan PkM ini menitik beratkan pada penyelesaian permasalahan terkait ilmu keteknikan yaitu bidang arsitektur dan teknik sipil antara lain : 1) Keberadaan lahan kosong yang tidak terurus/terbengkalai di area nista mandala; 2) Zonasi area/mandala pura belum dimanfaatkan dengan baik terutama di nista mandala; 3. Kurangnya lahan parkir; 4) Tidak adanya penanda untuk kawasan yang berada di sekitar area Pura; 5. Kurang terintergrasinya sirkulasi dari zona utama mandala menuju madya dan nista mandala; 6) Terdapat bangunan yang terbengkalai yang perlu dilakukan adaptive reuse; 7. serta kurangnya akses pejalan kaki pengunjung area Pura baik dari nista mandala sampai utama manda Pura Puseh lan Pura Desa.

BACA JUGA:  BPJS Kesehatan Setujui Usulan Pemkab Karangasem yang Siap Tanggung Iuran Kepesertaan BPJS-KIS Warga Yang Non-Aktif

Berdasarkan permasalahan ini, solusi yang ditawarkan Tim PKM antara lain : Merancang fasilitas penunjang di kawasan Pura Puseh lan Pura Desa dalam wujud Masterplan dan gambar 3 dimensi serta animasi warung makan, parkir, rumah makan, ruko, adaptive reuse pada bangunan eksisting yang tidak terpakai serta berupa publikasi artikel pada Jurnal Nasional BerISSN “Sutramas” FTP Universitas Warmadewa, publikasi video pelaksanaan PkM pada salah satu akun media youtube Tim PkM, publikasi di media massa online, serta menghasilkan HKI dari poster PkM.

Penulis: Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T.

 

 

.

Bagikan: