Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Gizi Gelar Pameran Gizi

 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Gizi Gelar Pameran Gizi

Foto: Dari Kiri ke kanan Ketua Jurusan Gizi (Dr. I Putu Suiraoka, SST.,M.Kes.), TPG Puskesmas I Denpasar Utara (Ni Kadek Patmiwati, S.Tr.Gz.), Kasie Kesga & Gizi Dinkes Kota Denpasar (Luh Putu Kertiasih, SKM.), Ketua TP-PKK Desa Dangri Kaja, Perbekel Desa Dangri Kaja, (A.A. Ngurah Gede Cahyadi, SH.), Dosen Dr. Ir. I Komang Agusjaya Mataram, M.Kes. & Ni Putu Agustini, SKM.,M.Si., Ketua Kelompok PKL PIGM (Luh Gede Mytha Kartika Prabawesti)

Letternews.net — Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Jurusan Gizi Prodi Gizi dan Dietetika Poltekkes Kemenkes Denpasar di Desa Dangin Puri Kaja pada hari Sabtu 23 Maret 2024 gelar “pameran Gizi” dengan tema penguatan Gizi Seimbang Dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Melalui Pemanfaatan Pangan Lokal dan Teknologi Tepat Guna.

Pada sambutannya Perbekel Desa Dangri Kaja menyambut baik diadakannya pameran gizi ini. Pengunjung pameran dapat melihat contoh menu gizi seimbang yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh seseorang. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar yang diwakili Kasie Kesga & Gizi juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan pameran gizi seperti ini dapat dilakukan secara rutin.

BACA JUGA:  Presiden Ikuti Prosesi Penyematan Gelar Kesultanan Buton

Pelaksanaan pemeran gizi ini merupakan salah satu kegiatan PKL Program Intervensi Gizi Masyarakat (PIGM) mahasiswa semester 8 Prodi Gizi & Dietetika Program Sarjana Terapan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengunjung tentang menu gizi seimbang. Adapun display yang dipamerkan meliputi menu gizi seimbang untuk ibu hamil, bayi dan balita, remaja, dewasa dan lansia. Juga disajikan display PMT yang biasa diberikan pada saat kegiatan posyandu dan pemeriksaan kesehatan.

Menu gizi seimbang balita yang dipamerkan diharapkan pengunjung khususnya ibu balita dapat melihat porsi yang semestinya diberikan untuk balitanya. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan seorang balita umur 11 bulan memerlukan energi sebanyak 800 kkal dan protein 15 gram. Untuk memenuhi kecukupan gizi ini dapat dikonsumsi menu sebagai berikut nasi putih 50 gram, ayam goreng 25 gram, tahu goreng 25 gram, tumis bayam 50 gram dan buah pepaya segar 25 gram. Apabila balita berumur 3 tahun memerlukan energi sebanyak 1350 kkal dan protein 20 gram, dapat dipenuhi dengan menu sebagai berikut nasi putih 100 gram, ayam goreng 50 gram, tahu goreng 50 gram, tumis bayam 50 gram dan buah pepaya 50 gram. Ibu yang bijaksana hendaknya dapat menyediakan makanan untuk balitanya dengan memperhatikan variasi bahan makanan dan menu, sehingga balita selalu menghabiskan porsi menu yang disajikan untuk memenuhi kebutuhan gizi balitanya.

BACA JUGA:  Ini Klarifikasi Dishub Bali perihal Runtuhnya Jembatan 

Pada kegiatan posyandu sangat perlu dilaksanakan penyuluhan di meja IV sistem lima meja posyandu.  Kader posyandu yang telah memiliki keterampilan tentang menu gizi seimbang balita dapat melakukan penyuluhan kepada ibu balita yang berkunjung ke posyandu.  Dengan bantuan media contoh menu gizi seimbang diharapkan ibu balita lebih memahami porsi yang semestinya diberikan kepada balita sesuai umurnya. Balita yang mengkonsumsi menu gizi seimbang sesuai kebutuhan gizinya diharapkan mampu mencapai status gizi yang optimal. Secara tidak langsung amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting akan terealisasi.

Penyediaan menu gizi seimbang sebagai media penyuluhan dapat terlaksana dengan keterlibatan kepala lingkungan/banjar dan kepala desa/lurah dengan membantu menyediakan dana yang diperlukan.  Semoga pameran gizi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Dangin Puri Kaja.

Ditulis Oleh:
Dr. Ir. I Komang Agusjaya Mataram, M.Kes.

 

.

Bagikan: