Kabar Buruk Untuk Petani Bangli, Raden Cahyo Adhi Nugroho Punya Sulusi

 Kabar Buruk Untuk Petani Bangli, Raden Cahyo Adhi Nugroho Punya Sulusi

Foto: Calon Bupati Bangli nomor urut 1, Raden Cahyo Adhi Nugroho

Letternews.net — Alokasi pupuk subsidi di Bangli berkurang. Tahun 2024 hanya dapat subsidi pupuk urea 644.653 kg dan pupuk NPK 72.906 kg. Sangat jauh dibanding tahun 2023, yakni pupuk urea 1,2 juta kg dan NPK 1,6 juta kg.

BACA JUGA:  Bangun Program Air Bersih Gratis, Raden Cahyo Rela Tak Ambil Gaji dan Tunjangan Bupati Bangli

Pengurangan pupuk subsidi berimbas terhadap petani. Dari sebelumnya dapat jatah pupuk 2 kg per hektare, sekarang hanya 1 kg per hektare yang hanya cukup untuk sekali pemupukan. Sedangkan, misalnya untuk tanaman padi, diperlukan dua kali pemupukan sampai panen.

Padahal, dari data BPS tahun 2023, jumlah petani di Bangli sebanyak 42.649 orang dengan mayoritas tanaman pangan seperti bawang dan padi. Mereka sangat membutuhkan pupuk subsidi. Tanpa pupuk subsidi, petani mengeluarkan biaya tambahan yang akan mengurangi pendapatan mereka.

BACA JUGA:  Massa Bangli Membludak Sambut Koster-Giri, Tembus 5 Ribu Orang di Dua Lokasi

Kondisi sulit ini dibiarkan Pemkab Bangli. Tak ada upaya pemimpin di Bangli mencari solusi yang terbaik untuk petani. Pemimpin di Bangli terkesan lepas tangan.

Ke depan, kita butuh pemimpin yang peduli petani. Pemimpin yang membantu petani disaat sulit, bukan pemimpin yang membiarkan rakyatnya makin susah.

Reporter: Tim

.