Anak Pramuka Wajib Tau Ini Dia Logo WOSM Terbaru

 Anak Pramuka Wajib Tau Ini Dia Logo WOSM Terbaru

Foto: logo wosm baru 2024

World Organization of the Scout Movement (WOSM) punya logo baru. Baru bukan berubah total secara keseluruhan dari elemen logo, namun ada beberapa elemen yang dipertegas serta background warna ada berbagai pilihan selain putih.

Jika kita mengamati logo WOSM sebelumnya ada bunga lili yang lebih tebal, kini menjadi lebih ramping dan sedikit memanjang ke atas (bisa dimaknai dengan sebuah pertumbuhan).

Kemudian elemen tali simpul yang mengelilingi bunga lili sebelumnya putus-putus, kini tegas tanpa terputus atau tersambung. Secara penampakan, itulah yang menjadi perbedaan antara logo sebelum dan sesudah.

Logo baru ini diungkapkan oleh WOSM sebagai persiapan untuk menyambut dekade berikutnya dari Kepanduan dan menerapkan Strategi baru untuk Kepanduan. Sebuah tampilan baru yang disegarkan untuk logo Kepanduan Dunia.

Hal tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Rencana Tiga Tahunan Dunia 2021-2024 yang disetujui oleh Konferensi Kepanduan Dunia pada tahun 2021, dan bertujuan untuk menciptakan logo yang lebih berani, modern, berjiwa muda, dan digital.

“Yang akan memposisikan dan mempromosikan kami dengan lebih baik sebagai gerakan pemuda terdepan, paling inspiratif, dan inklusif di dunia yang sejalan dengan prioritas Strategi Kepramukaan berikutnya,” demikian disebutkan oleh Ahmad Alhendawi, Sekretaris Jenderal WOSM, Senin, 5 Agustus 2024.

Logo ini merupakan hasil dari proses tender terbuka sejak Oktober 2022, sebuah tim yang berdedikasi yang terdiri dari staf dan sukarelawan Biro Kepanduan Dunia, bekerja sama dengan agensi kreatif dan desain kelas dunia, untuk menyegarkan kembali branding dan pesan Kepanduan Dunia dengan fokus khusus pada adaptasi untuk penggunaan digital.

Sepanjang prosesnya, WOSM sebagaimana keterangan Alhendawi, melakukan penelitian mendalam tentang persepsi logo saat ini, termasuk analisis sentimen online dan berbagai kelompok fokus dengan pimpinan National Scout Organization (NSO), kaum muda, sukarelawan dewasa, staf Biro, anggota Komite Dunia dan Regional, serta mitra dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Kepanduan.

BACA JUGA:  Semarak Pesta Siaga Kwarcab Denpasar, Bentuk Karakter Pramuka Siaga yang Cekatan

Logo Kepanduan Dunia yang telah disegarkan ini telah disetujui oleh Komite Kepanduan Dunia pada bulan Mei 2024 setelah konsultasi dan umpan balik yang ekstensif.

Adapun beberapa unsur yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut,

  1. Strategi dan Kerangka Kerja Brand – Strategi dan narasi logo yang telah diperbaharui dan berpusat pada misi inti Kepanduan, dan diselaraskan dengan visi dan prioritas Strategi baru untuk Kepanduan.
  2. Lambang Kepanduan Dunia – Desain ulang Lambang Kepanduan Dunia yang mengikuti deskripsi dalam Konstitusi WOSM dan terus bertindak sebagai simbol untuk Gerakan Kepanduan.
  3. Logo dan Tanda Kata Kepanduan Dunia – Logo dan tanda kata yang diperbaharui untuk Kepanduan Dunia dengan menggunakan variasi modern dari Lambang Kepanduan Dunia yang telah didesain ulang dan akan menggantikan logo dan tanda kata “Pramuka” yang ada saat ini.
  4. Slogan – Slogan baru Ready for Life/”Siap untuk Hidup” yang tersedia dalam bahasa resmi dan bahasa kerja Kepanduan Dunia yang akan menggantikan slogan saat ini Creating a Better World/”Menciptakan Dunia yang Lebih Baik”.
  5. Warna – Palet warna yang lebih cerah dan mudah diakses dengan warna ungu yang tetap menjadi elemen utama dari logo Kepanduan Dunia yang telah diperbarui.
  6. Tipografi – Font yang unik dan segar yang dimasukkan ke dalam logo baru, dan koleksi font sekunder untuk digunakan dalam penggunaan sehari-hari.
  7. Elemen sekunder yang kreatif – Desain grafis yang kreatif dan elemen identitas visual yang dapat berfungsi sebagai elemen logo sekunder untuk aplikasi yang lebih luas.

“Saat ini, brand yang telah diperbarui sedang diluncurkan di seluruh saluran komunikasi dan platform website dan akan diintegrasikan ke dalam pengalaman Konferensi Kepanduan Dunia ke-43 yang akan berlangsung dalam beberapa minggu lagi,” tegas Alhendawi.

BACA JUGA:  Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor Buka Munas Ke-2 ASISI

Beberapa perubahan penting yang akan segera diimplementasikan termasuk desain ulang scout.org, promosi logo yang telah diperbarui di media sosial, peningkatan paket alat tulis kami, dan rangkaian merchandise berlogo baru yang akan tersedia untuk dijual untuk pertama kalinya di Konferensi mendatang.

Satu set pedoman logo yang baru, bersama dengan file-file logo utama yang dapat diunduh, juga telah dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam solusi digital baru yang akan bertindak sebagai tempat penyimpanan pusat untuk semua aset logo Kepanduan Dunia.

Pedoman logo sekarang tersedia untuk umum dan dapat diakses di brand.scout.org untuk memberikan panduan yang jelas kepada NSO dan pemangku kepentingan utama lainnya tentang cara menggunakan identitas visual dan nada suara untuk logo Kepanduan Dunia yang telah diperbarui secara konsisten dan efektif.

Ke depannya, solusi digital ini juga akan menjadi rumah baru bagi perpustakaan media foto dan video WOSM, yang akan memperkenalkan fitur-fitur AI baru yang akan membuat pencarian dan pembuatan konten menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

 

Sumber: scout.org

.

Bagikan: