Menu Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pencapaian Gizi Yang Optimal

 Menu Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pencapaian Gizi Yang Optimal

Foto: Pengabdi Dr. Ir. I Komang Agusjaya Mataram, M.Kes. (Kiri berdiri), Ni Putu Agustini, SKM.,M.Si. (kanan berdiri), Kepala Sekolah Ni Made Wisudarini Pratiwi, S.Pd. SD (berdiri No 2 dari kanan), Guru wali , Mahasiswa dan Anak-anak

Letternews.net — Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan mengangkat tema “Peningkatan pengetahuan Menu Seimbang Anak Sekolah Dasar Negeri 17 Kesiman”. Sekolah ini beralamat di Jalan Gumitir Biaung, Denpasar Timur. Tujuan yang ingin dicapai adalah anak sekolah dasar setelah mengikuti penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan menu gizi seimbang anak sekolah dan diharapkan dapat memberikan informasi kepada orangtuanya dirumah masing-masing. Orangtua yang bijaksana diharapkan dapat menyediakan menu gizi seimbang untuk putra-putrinya yang akhirnya berdampak kepada pencapaian status gizi anak sekolah yang optimal.

BACA JUGA:  Forum Tempe Indonesia Bali Kerja Sama Dengan Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Denpasar Gelar Training Of Trainer

Kegiatan pengabmas diikuti oleh seluruh  kelas IV A dab IV B dan dilaksanakan di masing-masing kelas. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dibantu media contoh menu gizi seimbang anak sekolah. Evaluasi menggunakan metode angket dan nilai pre-test-posttest dianalisis dengan paired t test.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan pre-test kemudian dilanjutkan penyampaian materi.  Yang dimaksud menu gizi seimbang adalah menu yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Sumber bahan makanan protein hewani diantaranya ikan bandeng, telor ayam, daging ayam, daging sapi dan sumber protein nabati diantaranya tahu dan tempe. Bahan makanan sumber lemak adalah daging berlemak, margarin, mentega, minyak kelapa, dan sebagainya.  Sumber bahan makanan karbohidrat diantaranya nasi, singkong, jagung, mie, roti tawar dan ubi jalar. Sumber bahan makanan vitamin dan mineral berasal dari sayuran dan buah-buahan, misalnya sayuran meliputi bayam, kangkung, sawi hijau, kacang panjang, wortel, dan buncis dan buah-buahan meliputi papaya, mangga, melon, semangka dan jeruk manis.

Kecukupan zat gizi anak sekolah dasar umur 10-12 tahun sebagai berikut: laki-laki protein 50 g, lemak 65 g, karbohidrat 300 g, zat besi 8 mg, kalsium 1200 g, fosfor 1250 mg, vitamin A 600 RE, Vitamin C 50 mg dan iodium 120 ug dan energi 2000 kkal.  Perempuan protein 55 g, lemak 65 g, karbohidrat 280 g, kalsium 1200 mg, fosfor 1250 mg, vitamin A 600 RE, vitamin C 50 mg, iodium 120 ug dan energi 1900 kkal.

Untuk memenuhi kecukupan zat gizi ini dapat diberikan menu gizi seimbang satu makan siang sebagai berikut: nasi 150 g, ayam goreng 50 g, tempe goreng 50 g, tumis kangkung 100 g dan papaya 100 g. Untuk menghindari kebosanan dapat diberikan variasi bahan makanan atau variasi menu.  Misalnya ayam dapat digantikan dengan ikan tuna, ikan mujair, ikan bandeng, telor, sosis, atau ayam goreng dapat dibuat variasi menu menjadi sate ayam, kare ayam, atau ayam manis. Demikian juga kangkung dapat digantikan dengan sawi hijau, wortel, buncis atau bayam.  Buahnya juga dapat divariasikan dengan memberikan mangga, melon, jeruk manis atau semangka.

Setelah selesai penyampaian materi dilanjutkan dengan post-test, dan terlihat anak-anak menjawab dengan antusias. Pada kesempatan yang bersamaan di sekolah sedang melaksanakan kegiatan rutin yang disebut “jusih” yaitu jumat sehat dan bersih

Salah satu kegiatannya adalah masing-masing siswa setiap kelas membawa makanan kemudian dimakan bersama-sama. Siswa dapat membandingkan menu yang dibawa dengan contoh menu gizi seimbang anak sekolah dasar yang disajikan. Dengan harapan yang sudah sesuai agar diteruskan dan yang masih kurang agar diperbaiki hari Jumat depannya.

BACA JUGA:  Jurusan Gizi Gelar Kuliah Pakar Tempe Bekerja Sama Dengan Forum Tempe Indonesia

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan oleh Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Denpasar Dr. Ir. I Komang Agusjaya Mataram, M.Kes. dan Ni Putu Agustini, SKM.,M,Si. dibantu mahasiswa.

Ditulis oleh:

.

Bagikan: