Universitas Warmadewa Bantu UMKM dengan Teknologi Penetasan Telur Otomatis di Desa Gelgel-Klungkung

 Universitas Warmadewa Bantu UMKM dengan Teknologi Penetasan Telur Otomatis di Desa Gelgel-Klungkung

Oplus_131072

Letternews.net — Lembaga Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Warmadewa mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat di Peternakan Ayam RAKTA FARM Banjar Tangkas, Desa Gelgel Klungkung Bali.

BACA JUGA:  Yudisium Sarjana ke-75 FISIP Unwar

Masyarakat pada umumnya dan khususnya pengusaha kecil memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ini akan menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

RAKTA FARM yang menjadi mitra memiliki usaha peternakan ayam di Desa Gelgel Klungkung. Permasalahan mitra yaitu akan mengembangkan usahanya ke sektor penetasan ayam kampung bali yang kita tahu permintaan di masyarakat Hindu Bali pada umumnya menggunakan ayam kampung bali untuk kebutuhan upacara agama, tajen, maupun untuk dikonsumsi pribadi.

Sebagian besar, peternak yang baru memulai bisnisnya dalam menetaskan telur masih menggunakan cara konvensional, yang mengandalkan induk untuk penetasan telur. Alat penetas telur otomatis adalah salah satu cara/solusi untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, namun mitra sangat awam dengan teknologi penetasan telur otomatis ini.

Alat yang dibuat oleh Tim Pengabdian Universitas Warmadewa diharapkan dapat meningkatkan populasi ayam dalam waktu yang relative lebih cepat sambil memastikan ketersediaan bibit ayam tetap produksi secara kontinu. Ini disebabkan oleh fakta bahwa mesin tetas otomatis membantu induk untuk menetaskan telur untuk menghasilkan anak ayam.

BACA JUGA:  Diduga Wanprestasi PT. BKM Gugat PT. Dayak Membangun Pratama

Penetasan dengan mesin tetas juga dapat meningkatkan skala produksi dan daya tetas telur karena suhu dan kelembaban lingkungan dapat diatur secara tepat. Selain itu, mitra juga diberikan pemahaman bahwa alat penetas telur memiliki umur ekonomis atau masa manfaat penggunaan dan membutuhkan biaya pemeliharaan baik dari penggantian sparepart alat dan biaya servis untuk menjaga performa alat penetas telur.

Oleh karena itu, mitra diharapkan mempersiapkan dana untuk menjaga dan merawat alat penetas telur. Setelah penggunaan alat tersebut terbukti dapat meningkatkan pendapatan usaha, maka dapat dianggarkan untuk penambahan unit dari alat penetas telur. Dengan demikian, produktivitas usaha akan meningkat.

Penulis: I Made Sastra Dwikiarta,S.T.,M.T

.

Bagikan: