Kwartir Daerah Bali Lepas 54 Anggota Pramuka Ikuti Pertikawan Nasional II Tahun 2024 di Cibubur

 Kwartir Daerah Bali Lepas 54 Anggota Pramuka Ikuti Pertikawan Nasional II Tahun 2024 di Cibubur

Foto: kontingen Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional II Tahun 2024.

Letternews.net — Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, Made Rentin yang di wakili Waka Kakoma Kwarda Bali Diah Yuniti melaksanakan pelepasan kontingen Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional II Tahun 2024.

BACA JUGA:  Anak Pramuka Wajib Tau Ini Dia Logo WOSM Terbaru

Pelepasan kontingen tersebut dilaksanakan di gedung Pramuka Kwarda Bali, Sabtu, 21 September 2024.

Diah Yuniti secara simbolis memakaikan Jaket kontingen sebagai tanda secara resmi kontingen Pertikawan Kwarda Bali dilepas untuk mengikuti kegiatan.

Dalam Sambutanya Diah Yuniti menyampaikan Partikawan Nasional ini, merupakan momentum penting untuk mengharumkan nama daerah Bali sekaligus, menjadi duta yang membawa nilai-nilai luhur ke-pramukaan, yaitu berbakti, displin dan memiliki Tanggung Jawab Sosial yang tinggi. Ujarnya.

Diah Yuniti juga mengapreasiasi semangat yang ditunjukkan 54  kontingen Kwarda Bali yang akan menghadapi Pertikawan Nasional ini. Keberangkatan kontingen ini bukan hanya untuk berkompetisi tetapi juga untuk mengukir prestasi dan membentuk karakter yang lebih kuat sebagai penerus Bangsa. Cetusnya.

BACA JUGA:  Kwarcab Jembrana Bekali Pramuka Penegak Ilmu Jurnalistik

Sebagaimana diketahui bahwa Pertikawan Nasional II Tahun 2024 akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur mulai 23 sampai dengan 29 September 2024. Terdiri dari 9 peserta putra / 11 putri Saka Kalpataru, dan 13 peserta putra / 14 putri Saka Wanabakti.

Selama kegiatan Pertikawan Nasional ini didampingi Oleh Rudianto, Abdul Muthalib untuk Putra dan Putri Sukati, Ni Luh Tujuh Geni, Serta Pimpinan Kontingen Dimas Fadhilah Aprilian Santosa dan Pande Try Radha Dewi.

Kegiatan tingkat nasional yang akan diikuti ribuan peserta dari seluruh Indonesia ini mengusung tema Mensukseskan FOLU Net Sink 2030 Menuju Indonesia Hijau dan slogan Lestarikan Alam, Peduli Masa Depan.

BACA JUGA:  KMD 2022, Pemerintah Menaruh Harapan Besar Kepada Gerakan Pramuka Denpasar 

Saka Kalpataru adalah Satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan, kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi.

Sedangkan Saka Wanabakti adalah satuan karya dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam.

BACA JUGA:  Ektakurikuler Pramuka Tetap Menjadi Pilihan Peserta Didik

Plt. Sekretaris Kwarda Bali, Made Miasa menyampaikan selamat kepada kontingen yang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan perkemahan untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela negara. Ia menilai, perkemahan ini merupakan ajang pertemuan anggota Saka Kalpataru dan Wanabakti, dalam upaya meningkatkan potensi sumber daya manusia pramuka penegak dan pandega, untuk memanfaatkan dan melestarikan hutan dan lingkungan hidup.

“Sekaligus sebagai ruang kegiatan kreatif dan kolaboratif bagi pramuka penegak dan pandega, untuk mengembangkan kepemimpinan keterampilan dan kepeloporan generasi muda, dalam pemberdayaan masyarakat untuk tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Miasa.

Reporter: Anto

.

Bagikan: