Indonesia Pimpin Dialog Negara-Negara Kepulauan di KTT AIS Forum 2023

 Indonesia Pimpin Dialog Negara-Negara Kepulauan di KTT AIS Forum 2023

Foto: KTT AIS Forum 2023

Digiqole Ad

Letternews.net —  KTT Archipelagic and Islands States (AIS) Forum 2023 resmi dibuka di Bali, Indonesia. Pada forum perdana ini, puluhan pemimpin negara pulau dan kepulauan dari seluruh dunia berdialog bersama untuk membawa dampak besar terhadap masa depan kelautan global.

BACA JUGA:  Pacaran 4 Tahun Wanita Tewas Dibunuh Mantan Pacarnya

KTT AIS Forum adalah peningkatan kerja sama keamanan laut. Negara-negara anggota berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi dalam mengatasi isu-isu seperti perompakan laut, keamanan perbatasan maritim, dan pemberantasan perdagangan ilegal di perairan mereka.

Hal ini diharapkan dapat membawa stabilitas dan keamanan lebih lanjut di kawasan maritim Asia.

BACA JUGA:  Dishub Terus Gencarkan Penertiban Parkir Liar Di Ruas Jalan Protokol

Pada kesempatan berbeda, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Odo Manuhutu menyebut bahwa kehadiran AIS Forum akan melengkapi organisasi-organisasi internasional besar yang sudah ada, seperti ASEAN, Uni Eropa, G20, dan lainnya.

“AIS Forum bukan sebuah forum dengan tujuan abstrak, tapi memiliki tujuan konkret layaknya ASEAN. Oleh karena itu, pada saat AIS Forum ini dicetuskan oleh Indonesia tujuannya adalah bagaimana merangkul negara-negara pulau dan kepulauan dalam sebuah kerangka kerjasama yang konkret,” tuturnya.

BACA JUGA:  IB. Rai Dharmawijaya Mantra Raih Gelar Doktor Ekonomi Dengan Predikat Cumlaude

Acara ini adalah momen bersejarah di mana negara-negara kepulauan akan bersatu dalam menghadapi tantangan global yang semakin mendesak.

Sementara itu, Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso mengatakan AIS Forum mempelopori dan mewadahi solusi-solusi inovatif yang diimplementasikan ke dalam berbagai program-program turunan, demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan untuk masa depan negara-negara pulau dan kepulauan.

“Dalam bentuk konkrit, rangkaian sidang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali menghasilkan beragam kesepakatan dan penguatan kerjasama kelautan dan ekonomi biru, termasuk juga Program Pengembangan Usaha Ekonomi Biru dan Rise.

BACA JUGA:  Kasad Tinjau Progres Pembangunan Masjid Abdurachman Di SMP Kartika XIX-1

KTT AIS Forum 2023 diharapkan akan menghasilkan kesepakatan konkret dan langkah-langkah nyata untuk memperkuat kerja sama maritim di antara negara-negara pulau dan negara kepulauan. Acara ini akan berlangsung selama beberapa hari dengan sejumlah sesi diskusi, pertemuan bilateral, dan presentasi terkait isu-isu maritim.

Selama KTT ini, Indonesia berkomitmen untuk memimpin upaya menjaga kelautan yang sehat dan lestari. Dengan kerja sama yang erat antara negara-negara pulau dan kepulauan, harapannya adalah mewujudkan hasil yang bermanfaat dan solusi inovatif untuk masa depan kelautan yang lebih cerah. (LN/PR)

.
Digiqole Ad
Spread the love