Penguatan Ekowisata Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

 Penguatan Ekowisata Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Foto: Kelompok mahasiswa KKN

Letternews.net — Universitas Warmadea  menetapkan kkn  sebagai matakuliah wajib yang harus ditempuh  oleh mahasiswa  dengan tujuan mahasiswa dapat mengimplementasikan  ilmu yang di peroleh  di bangku kuliah sebagai bentuk  pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Unwar Bekali Pecalang Pura Dalem Ped Dengan Bahasa Inggris Komunikatif

Untuk meningkatkan pembangunan desa di berbagia aspek  lokasi kkn pada periode ini adalah di desa sanur kauh Denpasar selatan . Ekowisata sebagai program unggulan  di desa sanur kauh.

Sasaran KKN adalah desa. Desa menjadi sasaran KKN disebabkan oleh permasalahan yang dihadapi, seperti: kekurangan tenaga kerja terampil, pemimpin yang kurang inovatif, masyarakat masih menganut prinsip-prinsip budaya tradisional sehingga banyak menghambat program-program pemerintah yang telah direncanakan.

Fenomena ini terlihat dari sumber kehidupan hanya mengandalkan dari sektor pertanian tradisional dan masyarakat banyak pengangguran, sehingga banyak yang berpindah ke kota-kota besar. Ini akan menghambat kelancaran pembangunan di Indonesia. Oleh karena itu, perguruan tinggi dipandang perlu turut berperan melibatkan mahasiswa dalam pembangunan melalui kuliah kerja nyata.

BACA JUGA:  Fakultas Sastra Unwar Latih Staf Hotel Sthala Ubud Bahasa Inggris

Pandangan ini muncul dari kesadaran bahwa mahasiswa sebagai calon sarjana dapat bekerja untuk pembangunan dengan memanfaatkan sebagian waktu belajarnya dengan keluar dari ruang kuliah dan perpustakaan untuk bekerja di lapangan.

Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kinerja yang harus diupayakan secara berkesinambungan, yaitu potensi desa yang ada belum di kembangkan secara maksimal.

Baik dari potensi Sumber Daya Alam Dan Sumber Daya Manusia masyarakat lokal. Sehingga, kesejahteraan masyarakat di desa ini, masih belum optimal. Selain itu tingkat Sumber Daya Manusia yang masih kurang.

BACA JUGA:  Tim Penyuratan Awig-Awig Unwar Sasar Desa Adat Pangkungkarung Gede, Tabanan

Sangat menghambat perkembangan Desa dalam meningkatkan potensi alam dan sarana untuk menunjang dalam peningkatan Sumber Daya Alam yang sangat minim. Oleh karena itu, masyarakat Desa Sanur Kauh sangat perlu bantuan fisik dan nonfisik dalam memangun Desa dan pengelolaan yang terarah untuk kemajuan desa tersebut.

Adapun program kerja yang nantinya akan direncanakan oleh kelompok mahasiswa, KKN  berdasarkan atas tema utama yang diusung oleh Universitas Warmadewa “Penguatan Ekowisata Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”

Ditulis oleh:
Kelompok Mahasiswa KKN

.

Bagikan: