HUT Ke-79 RI di IKN, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Kutai

 HUT Ke-79 RI di IKN, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Kutai

Foto: Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Kutai

Letternews.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil mengenakan pakaian adat dari Kalimantan Timur pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Presiden Jokowi bertindak sebagai pemimpin Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk pertama kalinya dalam sejarah.

BACA JUGA:  Yusril Ihza Mahendra Nyatakan Tidak Ada Pelanggaran Etik Apapun Dalam Pencalonan Gibran

Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi hadir mengenakan baju adat dari kesultanan Kutai yang menjadi ciri khas Kalimantan Timur.

Baju atasan yang dikenakan Jokowi dan Iriana berwarna hitam dan diwarnai dengan ukiran emas untuk kesan mewah.

Baju Jokowi dipadukan dengan kain bermotif batik dan celana panjang. Kemudian juga dilengkapi hiasan kepala berwarna hitam dengan ukiran emas, dan detail bulu-bulu yang mewarnai bagian atasnya.

BACA JUGA:  KPK OTT Empat Oknum Kejari Bondowoso

Sememtara Iriana Jokowi dipadukan dengan bawahan berupa kain batik dan hiasan kepala emas.

Pada tahun ini, upacara bendera digelar di dua tempat. Presiden Jokow imenggelar upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.  Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

BACA JUGA:  Kapolda Bali Pimpin Upacara HUT Brimob Polri Ke-78

Adapun, upacara dimulai pada pukul 11.00 WITA di IKN Nusantara dan 10.00 WIB di Istana Negara Jakarta. Namun, rangkaian kegiatan telah dimulai beberapa jam sebelumnya.

Reporter: Istana

.

Bagikan: