80 Hektar Lereng Gunung Agung Alami Kebakaran

 80 Hektar Lereng Gunung Agung Alami Kebakaran

Foto: Petugas BPBD Kab Karangsem saat memantau

Letternews.net —  Lereng Gunung Agung, tepatnya di wilayah Dusun Juntal, Desa Kubu, Kecamatan Kubu. alami kebakaran.

Ida Bagus Ketut Arimbawa, Kalaksa BPBD Kab Karangsem saat dihubungi Kamis, 28 September 2023 Meinformasikan mengenai kebakaran ini diterima dari Babinsa Kubu yang melaporkan bahwa asap tebal terlihat di lereng Gunung Agung, yang berada dalam wilayah Dusun Juntal. Kawasan yang terbakar adalah Hutan Lindung di lereng Gunung Agung. untuk lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan penduduk.

BACA JUGA:  Panaskan Sinergi Sayap PDI Perjuangan, Bamusi Bali Resmi Terbentuk

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Damkar Karangasem, KRPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat telah dikerahkan untuk memantau kebakaran ini. Namun, akses jalan menuju titik api sulit dijangkau dan jauh berada di atas.

Selain itu, sebuah kebakaran hutan melanda Wilayah Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Daya/UPTD di KPH Bali Timur. Kejadian ini terjadi di Dusun Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu. Upaya pemadaman karhut dilakukan oleh personel dari RPH Daya, Bhabinkamtibmas Desa Ban, Babinsa Desa Ban, anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Bukit Anyar, dan masyarakat setempat. Api telah menyebar ke wilayah bawah/utara dan atas/barat laut. Kendati upaya pemadaman berfokus di wilayah bawah/utara, upaya di lokasi atas/barat laut terhambat oleh jarak yang jauh dan medan yang terjal. Vegetasi yang terbakar termasuk sonokeling, akasia, rumput kering, dan semak belukar.

BACA JUGA:  Pasca Pandemi, Inbound Tourism Association Bali Garda Depan untuk Datangkan Wisatawan

“Hingga saat ini, sebagian titik api telah berhasil dikendalikan, sementara beberapa masih menyala karena posisi yang sulit dan angin kencang. Karena sudah sore, upaya pemadaman akan dilanjutkan keesokan harinya, sementara pemantauan terus berlangsung” Ucap Ida Bagus Ketut Arimbawa

Luas karhut yang terkena dampak diperkirakan mencapai 80 hektar. Penyebab kebakaran diketahui berasal dari karhut di wilayah RPH Kubu yang api-nya menyebar ke wilayah RPH Daya. Kerugian materil dan lingkungan belum dapat diestimasi hingga saat ini serta Belum diketahui penyebab pasti kejadian ini. (LN/HUM)

.