oleh

Ini Harga GeNose di Pelabuhan Gilimanuk

JEMBRANA | Letternews.net — Pendeteksian dini terhadap penyebaran wabah virus corona melalui pintu masuk Bali, khususnya di Pelabuhan Gilimanuk yang sebelumnya mempergunakan rapid test antigen dengan harga ratusan ribu, selain itu juga Kimia Farma menyediakan alat screening Covid-19 berupa GeNose.

Pantauan awak media di Pelabuhan Gilimanuk, GeNose di pasang di pintu masuk penumpang untuk berjalan kaki mulai dioprasikan, sudah ratusan orang yang di test dengan alat tersebut dengan hasil negatif.

Diketahui harga sekali test untuk GeNose dipatok oleh penyedia dari lab BUMN Kimia Farma seharga 40 ribu rupiah. “Keberadaan GeNose ini diperuntukan untuk screening covid bagi masyarakat yang akan masuk ke Bali, harganya lebih murah dari pada rapid antigen, PCR dan Rapid Antigen juga masih berlaku,” ucap petugas kantor kesehatan Pelabuhan Gilimanuk.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, I Gusti Bagus Oka Parwata, saat dikonfirmasi membenarkan telah oprasinya GeNose di Pelabuhan Gilimanuk, alat tersebut di peruntukan untuk screening covid bagi pelaku perjalanan memasuki Bali.

“Terkait biaya, lebih murah dari screening yang lainnya. Hasil dari GeNose bisa digunakan sebagai salah satu syarat prokes screening, selain rapid test antigen dan PCR. Semua oprasionalnya langsung dihandle oleh pihak BUMN seperti halnya rapid test antigen,” jelasnya.

Menurut SE Gubernur Bali, lanjut Oka, GeNose juga diperbolehkan menjadi syarat untuk pelaku perjalanan dalam negeri di pintu masuk Bali, lebih murah lagi dan kerjanya lebih cepat, akan tetapi waktu berlaku harus dilakukan tepat sebelum keberangkatan.

Jika ditemukan pelaku perjalanan yang habis di test positif, bagi warga Jembrana akan ditindak lanjuti dengan swab PCR oleh Satgas Covid-19 Jembrana, terkait masyarakat yang dari kabupaten lain akan di kordinasikan dengan Satgas di kabupaten tersebut, dan yang dari luar Bali akan dikembalikan, tutupnya. (persindonesia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *