oleh

Duta Besar Dan Berkuasa Penuh Federal Democratic Republik of Ethiopia Untuk Indonesia Kunjungi Kadin Bali

DENPASAR | Letternews.net — Ketua Umum Kadin Bali Bapak I Made Ariandi, didampingi Wakil Ketua Bidang Akomodasi dan Investasi Pariwisata Dr.(C) I Made Ramia Adnyana, SE, MM, CHA, Wakil Ketua Bidang Destinasi Pariwisata Bapak Agus Maha Usada, Wakil Ketua Bidang Perdagangan Luar Negeri Kadin Bali Ms Nana Chen, dan Staff Kadin menerima kunjungan Duta Besar Dan Berkuasa Penuh Federal Demokratik Republik of Ethiopia, Professor Admasu Tsegaye (Ph.D) yang didampingi Mr. Gatluak Tut Khot – Minister for Political, Economic Co-Operation and Mr. Alemayehu Desta – Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Republik Federal Demokratik Ethiopia – Indonesia. Sabtu, 24 April 2021 di Ku Deta Seminyak dalam suasana yang penuh kekeluargaan.

Pertemuan dimulai pukul 17:00 diawali dengan ucapan selamat datang oleh Ketua Umum Kadin Bali Bapak Made Ariandi dan dilanjutkan dengan pemaparan profil Negara Ethiopia dan potensinya oleh Dubes Ethiopia Professor Admasu Tsegaye (Ph.D)

Republik Federal Demokratik Ethiopia memiliki penduduk terbesar di kawasan Afrika dengan total 160 Juta jiwa yang merupakan potensi pasar terbesar di kawasan benoa afrika dan disusul Nigeria dengan 150 Juta Jiwa yang menempati posisi kedua. Ethiopia memiliki potensi pertanian, beras, sesame, kacang kedelai, seafood, pariwisata dan perdagangan untuk bisa dikembangkan dengan Indonesia dan Bali khususnya. Disamping Ethiopia yang merupakan gudangnya pelari tercepat di dunia karena daerah pegunungan dan sejuk untuk latihan berlari. Ethiopia sudah menjalin kerjasama dengan China, Turkey dan India dan Negara Eropa terutama export berbagai jenis bunga terutama bunga tulip yang dijual di Belanda.

Di Indonesia Ethiopia telah menjalin kerjasama dengan Bandung dan Semarang dan beberapa pengusaha telah berinvestasi di Ethiopia seperti Indomie dll. Dari Bali Potensi yang bisa dikembangkan kedepan adalah furniture, product pertanian ( beras, manggis, salak) garment dan perdagangan disamping pertukaran informasi untuk pengembangan pariwisata. Ethiopia masih menjajaki kemungkinan charter flight ke Bali untuk meningkatkan kunjungan warga negara Ethiopia ke Bali untuk berwisata. Pada saat ini Ethiopian Airlines yang merupakan national carrier telah melakukan penerbangan 3X seminggu direct ke Jakarta yang mengangkut kurang lebih 80 businessman. Ini merupakan peluang bagi Bali untuk melakukan direct flight ke Bali (Adisababa – Denpasar) untuk mengurangi biaya

Ketua Kadin Bali sangat menyambut baik tawaran kerjasama ini dan akan mempersiapkan produk produk yang bisa ditawarkan dalam waktu dekat ini dan fokus pada garment dan furniture ditahap awal dan mendorong dipercepatnya charter flight ke Bali untuk membangkitkan pariwisata Bali. Sesuai arahan Professor Admasu Stegaye ( Ph.D) bahwa akan dilaksanakan Virtual Bisnis Forum antara Pengusaha Ethiopia dan Pengusaha dibawah Kadin Bali pada bulan Juli atau Agustus 2021 yang akan datang untuk mengetahui lebih jauh potensi kerjasama masing masing secara lebih konkrit. Disamping itu juga dilakukan penjajagan kerjasama Sister City antara Adisababa dengan Kabupaten Badung mengingat telah dilakukan penandatangan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ethiopia pada tahun 2018 yang ditanda-tangani di Bali. Acara Pertemuan dilanjutkan dengan jamuan makan malam bersama di Ku Deta Restaurant dan diakhiri dengan tukar cendramata khas Bali dan Plakat Kadin yang diserahkan oleh Ketua Umum Kadin Bali kepada Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia disaksikan oleh tim Kadin dan pendamping Pak Dubes dan dilanjutkan dengan photo bersama. (Ramia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *