oleh

Unud Resmikan Tourism Confucius Institute

DENPASAR | Letternes.net — Universitas Udayana (Unud), Kamis (8/4) menggelar prosesi Grand Opening Tourism Confucius Institute (TCI) Udayana University. Prosesi yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan peresmian Kantor TCI Unud yang dinamakan Sri Aji Jayapangus ini, dihadiri Rektor Unud, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar Zhu Xinglong, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, SE.MM., serta undangan lainnya.

Menurut Rektor Unud Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K)., pendirian TCI di Universitas Udayana ini sebelumnya diawali dengan didirikannya Chinese Tourism Training Center (CTTC) melalui kerjasama tiga pihak. Yaitu Tourism Confucius Institute Universitas Hasanuddin, Fakultas Pariwisata Universitas Udayana dan Satuan Pelayanan Terpadu Pendidikan, Pusat Pelatihan Bahasa Universitas Udayana. “Ketiga pihak telah menandatangani ‘Cooperation Agreement’ pada 10 Juli 2017,” katanya disela peresmian.

Lebih lanjut kata dia, pendirian TCI di Universitas Udayana sejalan dengan kepentingan bersama untuk mendorong rasa toleransi antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan kekhasan di bidang pariwisata dan akulturasi budaya antara Bali (Indonesia) dan RRT. “Kami sangat berharap dengan didirikannya TCI di Universitas Udayana, akan menjadi jembatan budaya untuk mempererat tali persahabatan antara Indonesia dan RRT,” harapnya.

Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar Zhu Xinglong pada kesempatan tersebut menyampaikan selamat dan sukses atas peresmian TCI di Unud. Pihaknya sekaligus menyampaikan terimakasih kepada pihak Tiongkok yang sudah memberikan dukungan dan perhatian atas pendirian TCI. Pihaknya selama ini sudah menjalin kerjasama di bidang pembinaan SDM dalam hal bahasa mandarin. “Persahabatan Tiongkok dan Indonesia sangat lama dan terus meningkat. Kedepan beberapa aspek akan bisa dikerjasamakan,” ujarnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, SE.MM., pada kesempatan tersebut, menyambut baik dilaksanakan kegiatan ini. Karena dengan diresmikan lembaga pendidikan ini, nantinya bisa menjadi tempat mempelajari bahasa, budaya dan sebagainya. “Sejarah mengatakan, Bali dan Tiongkok Telah menjalin kerjasama sejak dulu. Ini tentunya menjadi nilai historis untuk mempererat hubungan kerjasama Bali-Tiongkok di berbagai sektor,” ucapnya. (di)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *