oleh

FPB Unmas Denpasar Gelar Sosialisasi Luaran Hibah MB-KM

Denpasar | Letternews.net — Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Unmas Denpasar mengadakan kegiatan Sosialisasi Luaran Hibah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Dosen FPB Unmas Denpasar, Mahasiswa dan Mitra. Mitra MB-KM FPB Unmas diantaranya Prodi Agroteknologi dan Prodi Manajemen Universitas Warmadewa, Fakultas Farmasi Unmas Denpasar dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali. Sabtu, (3/4)

Kegiatan diawali dengan sambutan Dekan FPB Unmas Bapak Dr. Ir. I Made Sukerta, M.Si. Dekan dalam sambutannya menyampaikan MB-KM Dikti secara umum, penyusunan dan penerimaan hibah. Wakil Dekan I, Dr. Ir. I Ketut Sumantra, MP., membahas mengenai pemilihan mitra dan program kerjasama dengan mitra maupun instansi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta mencapai kualitas pembelajaran, menghasilkan lulusan berkarakter dengan perilaku santun, kreatif, mandiri, berbudaya, berkemampuan kewirausahaan dan berdaya saing global.

Ketua Pelaksana, Cokorda Javandira, S.P., M.P, memaparkan luaran dari hibah yang berupa buku kurikulum yang bertema “Kurikulum Merdeka: Merdeka Beraktivitas dan Inovasi”. Dalam buku ini membahas mengenai landasan kurikulum, penentuan bahan kajian, daftar sebaran mata kuliah, rencana pembelajaran, implementasi hak belajar mahasiswa, profil lulusan dan capaian pembelajaran.

Pada kegiatan sosialisasi yang dimoderatori oleh IGA Diah Yuniti yg juga menjadi salah satu tim MB-KM ini dibahas bahwa mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi dan diorientasikan untuk mendapatkan keterampilan yang diperlukan di era industri antara lain komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, logika komputasi dan kepedulian. Mahasiswa mulai semester 5 sudah bisa memilih untuk mengikuti kurikulum regular atau MB-KM. (rl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *