oleh

Mahasiswa Farmasi dan Ekonomi Unud Produksi Lotion Anti Nyamuk

DENPASAR | Letternes.net — Produk hasil kolaborasi mahasiwa Farmasi dan Ekonomi yaitu Ni Ketut Nitya Cahyani, Hendra Wijaya, Diah Mawarni Fitriari, Wahyu Nadi Eka Putri dan Dewa Gede Dalem Prajaditha mampu bersaing dengan di dunia perekonomian. Salah satu terobosan baru karya mahasiswa Universitas Udayana ini adalah lotion bahan alami yang dengan ekstrak bunga gemitir. Selama ini di Indonesia khususnya Bali bunga gemitir dipandang sebelah mata karena hanya dimanfaatkan sebagai sarana upacara bagi umat Hindu. Terlebih lagi produksi bunga gemitir yang cukup melimpah di Bali yang jarang dimanfaatkan lebih lanjut. Padahal bunga gemitir mengandung segudang senyawa metabolit sekunder yang bermanfaat yaitu flavonoid, saponin, tannin, dan steroid yang bersifat racun bagi nyamuk Aedes aegypti. Bunga gemitir memiliki kandungan lutein yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang dapat menghambat penuaan dini. Serta bunga gemitir dapat dijadikan sebagai sunscreen yang mampu melindungi diri dari sinar matahari dengan nilai SPF 8,6.

Ni Ketut Nitya Cahyani ditemui wartawan Letternews Rabu, 3 Maret 2020, mengatakan “RETATION” (Repellent Tagesta Lotion) adalah produk lotion 3 in 1 yaitu sebagai antinyamuk, sunscreen, dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk, bahaya paparan sinar matahari serta mencegah penuaan pada kulit. Lotion antinyamuk merupakan produk yang sangat efektif untuk mencegah gigitan nyamuk sehingga dapat melindungi keluarga dari penyakit berbahaya yaitu demam berdarah

“Produk yang beredar di pasaran umumnya menggunakan bahan kimia DEET (Diethyltoluamide) yang memiliki banyak efek samping seperti menyebabkan iritasi kulit dan dapat menggagu saluran pernafasan jika digunakan dalam waktu jangka panjang dan dosis yang tinggi. Sehingga produk lotion antinyamuk yang diharapkan di masyarakat adalah produk yang menggunakan bahan alami. Ucap Ketut Nitya Cahyani

Hasil prodak

Nitya Cahyani berpandangan dari segi pendidikan, kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas generasi muda agar selalu terinspirasi untuk selalu berinovasi memanfaatkan bahan baku di lingkungan sekitarnya sesuai akan potensi yang mampu digali yang mengacu pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari segi ekonomi, kegiatan ini memiliki manfaat yang besar untuk membantu perekonomian petani bunga gemitir di Bali dan sebagai wirausaha muda dapat menghasilkan produk ekonomis dan terjangkau oleh masyarakat serta menghasilkan profit. Katanya.

Pada awal produk ini diluncurkan yaitu Agustus 2020 hingga saat ini sudah terjual 765 botol lotion. Produk RETATION dijual secara online melalui Instagram @retation.id dan situs perbelanjaan online seperti Shopee dan Tokopedia. (rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *