oleh

SMP Nasional Denpasar Didaulat Sekolah Aktif Literasi Nasional

DENPASAR | Letternews.net — SMP Nasional Denpasar dipercaya menjadi Sekolah Aktif Literasi Nasional. 

Sekolah Menengah Pertama yang berlokasi di Jalan Tukad Yeh Aya Nomor 15, Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan itu terpilih dalam ajang Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional. 

Pengumuman serta penyerahan plakat dan piagam sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional ini dilaksanakan serangkaian Festival Literasi Denpasar tahun 2021. 

Kepala SMP Nasional Denpasar, Ni Putu Supadmi (foto: rd)

Kepala SMP Nasional Denpasar, Ni Putu Supadmi mengemukakan, dalam ajang yang diadakan Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia mengirimkan 50 siswa, dan guru Bahasa Indonesia. 

“Ajang ini merupakan kegiatan bertaraf nasional yang diikuti sekolah dari seluruh Indonesia. Dan dari sekian anak, kami SMP Nasional Denpasar, anak kami masuk dalam 100 karya terbaik siswa tingkat SMP yang diadakan oleh GSMB tersebut,” ungkapnya kepada wartawan di Denpasar, Sabtu (13/2/2021). 

Khusus kategori guru, SMP Nasional Denpasar kata Supadmi, berhasil mengantongi prestasi membanggakan untuk pembuatan artikel. 

“Untuk itu kami sangat bersyukur, dan bangga sekali. Dan juga dengan karya-karya anak kami, dan guru kami, sehingga dari nasional menetapkan SMP Nasional Denpasar, merupakan sekolah aktif literasi tingkat nasional,” ujarnya.

Melalui ajang GMB Indonesia, SMP Nasional Denpasar disebut ingin menularkan semangat dan minat membaca serta menulis seluruh peserta didik. 

Menurutnya, menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis, berbanding lurus dengan upaya memajukan sektor pendidikan. 

“Untuk itu anak-anak kami dengan membiasakan diri, dan giat membaca maupun menulis, berarti itu sudah salah satu karakter yang harus ditumbuhkembangkan bagi mereka,” ucapnya. 

Prestasi ini disebut tak lepas dari dukungan penuh Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar. Sebagai salah satu unit dibawah naungan Perdiknas Denpasar, SMP Nasional Denpasar diakui selalu mendapatkan sokongan moril, dan materiil. 

“Sangat beterima kasih, bersyukur kepada Bapak Ketua Perdiknas (Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda) juga, saya mengucapkan banyak terima kasih, karena sudah memberikan wadah, bantuan, dorongan, baik secara material, sarana prasarana yang harus kami lengkapi. Beliau dari Perdiknas sudah bisa memberikan apa yang kami inginkan untuk membantu, menunjang program-program dari kerja kami, khususnya di SMP Nasional Denpasar,” katanya.

“Dan untuk itu dengan doa, dukungan dari semua pihak, kami mampu menunjukkan, baik sekolah, guru, maupun siswa, bisa memberikan yang terbaik di tahun 2021 ini,” pungkas Kepala SMP Nasional Denpasar, Ni Putu Supadmi. (rl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *