oleh

Redam Penyebaran Covid-19 Hideaway Hospitality Terapkan Protokol CHSE

BADUNG | Letternews.net — Lingkungan perusahaan atau perkantoran sering menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Karena itu, tak ada pilihan lain bagi perusahaan untuk menjalankan adaptasi baru dalam proses bisnis sehingga penularan COVID di lingkungan perkantoran/perusahaan/pabrik bisa dicegah. Yang paling mendasar adalah perusahaan harus menjaga kebersihan di lingkungan kantor seperti: menyiapkan sabun pencucitangan dan hand sanitizer; secara berkala menyemprot ruangan dengan desinfektan; mengukur suhu tubuh karyawan yang mau masuk lingkungan kantor; menerapkan jarak aman di semua ruangan kantor dan menghindarkan adanya kerumunan; meniadakan kantin di lingkungan kantor, menghindari karyawan makan bersama dalam satu meja.

Tapi di luar itu, tidak sedikit perusahaan yang telah mengadopsi system kerja baru dengan bantuan TI sehingga segala proses bisnis dapat tetap berjalan tanpa kehadiran karyawan ke kantor. Sistem kerja baru yang awalnya dirasa “gamang” karena banyak aktivitas yang berpindah ke arena virtual ini bahkan kini dirasa lebih cepat dan efisien serta bisa menekan biaya overhad. Karena itu, banyak perusahaan yang akan terus menjalankannya meski kelak Covid sudah bisa ditekan penyebarannya. Tak hanya manajemen perusahaan yang menjalankan adaptasi kebiasaan baru, tetapi juga muncul para CEO/pimpinan yang proaktif dalam menjalankan adaptasi baru ini baik di rumah maupun di kantor sehingga mereka bisa terus sehat, bugar, dan produktif dalam berkarya.

Untuk itu mohon waktu bisa menjawab outline pertanyaan sbb :
1. Bagaimana sistem kerja baru yang dikembangkan perusahaan di era adaptasi baru ini? Misal kebijakan work from home dan work from office – bagaimana pembagiannya? Berapa % jumlah karyawan yang harus masuk kantor?

Dalam menyikapi Pandemic Covid – 19 Hideaway Hospitality Management berusaha mengikuti dan beradapdasi sesuai dengan Protokol Kesehatan / Covid – 19 dalam menyelenggarakan kegiatan usaha di semua unit usaha yang dimiliki (Hideaway Villas Uluwatu Bali, Hideaway Residence Ungasan Bali, Hideaway Villages Ubud Bali dan di Holding Office) dan semua Protokol yang berkaitan dengan Covid – 19 kita patuhi demi keselamatan karyawan, tamu dan semua stakeholders yang mendukung kegiatan usaha kita.

Kebijaksanaan yang telah kita lakukan adalah bekerja dari Rumah / Work from Home, untuk hal ini bekerja dari Rumah yang bisa kita lakukan adalah yang ada kaitannya dengan paper work / report, Virtual Meeting dengan semua Head of Devision, Virtual Training dengan semua karyawan yang berkaitan dengan Protokol Kesehatan / Covid – 19. Memaksimalkan komunikasi lewat WAG / WhatsAPP Group yang berhubungan dengan day to day Operational dimasing – masing unit business.

Mengenai berapa persen (%) jumlah karyawan yang bekerja, kita sangat ketat melakukan pengawasan dari segi jarak tempat bekerja di kantor mimimum 1 meter satu dengan yang lainnya, membatasi jumlah karyawan yang bekerja dalam 1 shrift sampai 50 % dan ini berlaku untuk karyawan di kantor dan di Operational. Disamping itu kita juga mengurangi jumlah meja Restaurant dan Bar yang kita miliki mencapai 50 % sehingga Protokol / Physical Distance tetap kita patuhi sehingga para tamu kita merasa nyaman.

2. Bagaimana perusahaan mengadopsi sistem kerja baru dengan bantuan teknologi nformasi? Pekerjaan apa saja yang beralih ke sistem digital atau virtual? Apakah dengan sistem digital bisa meningkatkan kemudahan dan efisiensi?

Hideaway Hospitality Management selalu mengikuti Trend dan Technology yang terbaru terlepas dengan adanya Pandemic Covid – 19 dan kita sangat yakin bisa membantu system kerja untuk lebih effective & productive karena pada dasarnya kita didunia Pariwisata sangat memerlukan technology yang paling terkini untuk menunjang kegiatan usaha baik yang berbasis ON LINE & OFF LINE karena kedua media tersebut masih exist dari segi pemasaran sebuah usaha baik dari sisi penjualan Kamar, Food and Beverage, Spa, Tours dll. Secara keseluruhan system digital / technology tidak bisa mewakili semua kegiatan kerja didunia Pariwisata yang berhubungan dengan Jasa / Pelayanan di Restaurant, Bar, Pembersihan Kamar, Ruang Publik, Spa, Maintenance dll… Dan terlebih lagi ada permintaan untuk melakukan site inspection kita harus lakukan secara off line sekalipun kita sudah memberikan semua access on line, website, SOSMED akan tetapi kebanyakan clients akan lebih yakin untuk melakukan kunjungan ke Property secara langsung.

3.Apa inovasi dan kreativitas lain untuk mendukung sistem kerja di era adaptasi baru?

Dengan adanya Pandemic Covid – 19 Hideaway Hospitality merespond dengan melakukan inovasi untuk mendukung kegiatan usaha, melakukan perubahan dari segi inovasi dan kreativitas sehingga kita tetap relepan dengan kondisi terkini, memaksimalkan technology yang ada baik yang ON LINE & OFF LINE, Telemarketing, Virtual – ZOOM dan mengunakan aplikasi “ASANA” untuk semua planning multi level dengan semua department head terkait sehingga kita bisa melihat, mengontrol dan menambahkan plan yang baru dan bisa diaccess dari Rumah. Dan dari segi segi pemasaran kita memaksimalkan Market Place yang ada sesuai dengan platform yang relepan.

4. Sejauh ini bagaimana kinerja bisnis/produktivitas karyawan dengan sistem kerja yang baru ini?

Hari ini adalah Bulan ke 9 atas Pandemic Covid – 19 yang melanda seluruh tatanan kehidupan manusia. Dan sejujurnya kalo kita membicarakan semua kegiatan bisnis / productivitas dan system kerja agak susah melakukan penilaian, semuanya kita lagi melakukan try and error karena kita sama – sama tidak tahu gimana cara yang effective menghadapi Pandemic Covid – 19 ini. Pandemic Covid-19 sifatnya sangat dinamis. Yang paling penting kita harus selalu Optimis & Positive menyikapi keadaan ini, selalu taat melaksanaan Protokol Kesehatan dan selalu mengingatkan satu sama lainnya agar kita tetap sehat dan minimum bisa bertahan lebih lama lagi karena kita tidak tahu kapan Pandemic ini akan berakhir.
Yang kita rasakan semakin hari kemampuan belanja masyarakat semakin menurun karena dampak ekonomi yang sudah minus.

Hideaway Hospitality Management mengikuti semua usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah dari tingkat Pusat dan Daerah baik yang menyangkut Kesehatan, Ekonomi, Relaksasi Perbankan, Pajak, Pengadaan Vaksin dll..dan memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya semoga kita semua bisa melewati Pandemic Covid – 19 ini dalam waktu yang tidak lama lagi

  1. Bagaimana penerapan protokol kesehatan? Apa ada dibentuk Satgas khusus? Penerapan Protokol Kesehatan disemua unit business dibawah Hideaway Hospitality Management telah menyediakan sarana Protokol Kesehatan seperti sarana / tempat mencuci tangan di Lobby, Pintu masuk Karyawan, di Ruang Publik lainnya, menyediakan Maker, Face Shield bagi Karyawan dan Tamu, Handsanitizer dan melakukan penyemprotan Disinfectance secara bekala, menyediakan alat untuk mengukur Suhu Tubuh dan juga membentuk Satgas Khusus Covid – 19. Hal ini dianggap sangat penting demi keselamatan Karyawan, Tamu dan seluruh Stakeholders yang mendukung kegiatan usaha yang kita miliki.
  2. Adakah hal istimewa yang dilakukan perusahaan yang bisa dikatakan beyond compliance terkait penerapan protocol kesehatan ini? Seperti memberikan vitamin, membagi gratis masker, menyediakan ruang perawatan, dll?
  3. Hal – hal yang dilakukan termasuk istimewa dari Hideaway Hospitality Management adalah menyediakan semua Protokol Kesehatan bagi Karyawan (tempat mencuci tangan, menyediakan masker, handsanitizer, ruang consultasi dan ruang isolasi) termasuk juga bagi tamu dan semua stakeholders terkait. Dan sekalipun secara keuangan sebagian besar Perusahaan mengalami cashflow yang sangat sulit akan tetapi masih memenihi kewajiban utk membayar gaji karywan dan membayarkan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Membagikan sumbangan Sembako bulanan bagi semua Karyawan yang kita miliki dan juga memberikan harga sembako murah bekerja sama dengan pihak Vendor. Dan kita juga ada kerja sama dengan pihak Rumah Sakit untuk memudahkan kita untuk melakukan koordinasi jika ada hal – hal yang kita tidak inginkan baik itu dengan Tamu dan Karywan sehingga segera mendapatkan penanganan yang memadai
  4. Bagaimana gambaran penerapan protokol kesehatan agar tidak saling menularkan? Bagaimana menjaga kebersihan area tempat pertemuan ? Bagaimana meminimalkan kontak langsung dengan client Protokor yang kita pakai acuan untuk kita tidak tertular dan menularkan adalah selalu mematuhi dan taat atas hal – hal sbb; Selalu memakai masker pada saat kita keluar Rumah dan berinteraksi dengan orang lain, menjaga jarak jarak, mencuci tangan dan memakai handsanitizer dan melakukan rapid test secara berkala. Untuk menjaga kebersihan diarea / ruang pertemuan ada beberapa protokol yang harus dilakukan secara consisten sbb; Melakukan penyemprotan disinfectance sebelum dan sesudah ruangan dipergunakan, mengatur maje, kursi minimum 1 meter satu sama lainnya, mengecheck suhu tubuh tamu / karyawan yang akan melakukan pertemuan, memakai masker, handsanitizer dan kalau pertemuannya diruang tertutup disetiap 4 jam semua tamu harus keluar ruangan dan rangan harus didisinfectance.
  5. Apa hikmah Covid? Introspeksi diri akan kebebasan yang kita sudah nikmati selama ini, merasa lebih bersih secara jesmani karena kita melakukan cuci tangan, disinfectance dan sanitizer dalam jumlah yang memadai dalam keseharian kita. Belajar melakukan pola hidup yang baru demi kesehatan kita sebai individu, keluarga, teman dan sehabat. Dan yang paling kita rasakan adalah melatih tingkat kesabaran kita!!

Ditulis Oleh : I Wayan Muka
Corp. GM Hideaway Hospitality

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *