oleh

Dalam Kondisi Pandemi Covid-19, Ini Peran dan Kontribusi Pemuda untuk Desa

DENPASAR | Letternews.net — Mahasiswa KKN Reguler DR UIN Walisongo Semarang mengadakan ngobrol santai bareng Ketua Pemuda Kampung Islam Kepaon Denpasar Bali  (17/10/2020).

“Situasi pandemi yang serba terbatas tidak menghalangi para pemuda untuk berperan dan berkontribusi untuk desanya”. Ungkap Irham Assiri.

Dalam ngobrol santai yang menggunakan media Live Instagram itu, ia menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan para pemuda untuk desa semasa pandemic covid 19, seperti membagikan masker, sembako, dan mengedukasi masyarakat tentang virus ini.

Lebih jauh, Irham juga mengungkapkan bahwa pemuda juga harus bisa membuka usaha. “Karena pandemi ini semua terdampak, bahkan pengusaha besar juga, maka untuk mencari donatur guna membantu warga, kita harus mencari solusi, yaitu kita menjual makanan, dan minuman yang nantinya keuntungan dari penjualan tersebut digunakan untuk para masyarakat terdampak covid”.

Ngobrol santai yang dilakukan oleh Efri Arsyad Rizal yang juga sebagai mahasiswa berasal dari Bali ini merupakan upaya bagaimana para pemuda harus lebih sadar terhadap desanya. Karena para pemudalah yang nantinya bisa mengharumkan bangsa dimulai dari desanya.

Selain itu, ngobrol santai ini juga membahas tentang sejarah muslim di Denpasar Bali itu sendiri. “Selain harus bisa bermanfaat bagi desa, para pemuda juga harus mengenal identitas dirinya dengan memahami sejarah dirinya sendiri. Karena dengan mengetahui identitas diri maka kita tidak akan tercerabut dari akarnya.

Di akhir, Irham menyampaikan, Sudah saatnya kita harus terus berpikir maju, tidak ada anak muda yang hanya bersantai saja. Jika kita ingin maju, maka semua itu berawal dari yang kita rencanakan. Namun semua  rencana itu bisa  dicapai dari proses yang kita lakukan. (Efri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *