oleh

Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Blahbatuh Dilakukan Secara Debat Virtual dan E-Voting

GIANYAR | Letternews.net — Tidak hanya beberapa wilayah Kabupaten di Bali saja yang menyambut Pesta Demokrasi, di SMA Negeri 1 Blahbatuh suasana pesta demokrasi juga terasa beberapa hari ini.

Kendati pandemi Covid-19 membuat aktivitas pembelajaran dilaksanakan di rumah dan aktivitas di sekolah dibatasi, tak menyurutkan OSIS SMA Negeri 1 Blahbatuh untuk melaksanakan ajang pendidikan demokrasi di sekolah.

Panitia Pemilihan OSIS yang telah ditunjuk melaksanakan tahapan dengan memanfaat aplikasi zoom meeting dan media sosial lainnya untuk melaksanakan segala kegiatan.

Sekolah yang biasa disebut BLASMAN ini menggelar Pemlihan Ketua OSIS layaknya Pemilihan Umum, diawali dengan pembentukan panitia pemilihan, sosialisasi, debat pasangan calon dan pada akhirnya tahap pemungutan suara.

Pada Hari Minggu, 12 Oktober lalu, telah dilaksanakan Debat Pasangan Calon yang dilaksanakan secara terbatas dan seluruh warga sekolah dapat mengikutinya melalui aplikasi zoom meeting dan live instagram.

Debat yang berlangsung hampir 2 jam ini menjadi ajang para pasangan calon mengemukakan visi misi dan gagasan yang diuji oleh para panelis yang berasal dari Pembina OSIS dan perwakilan BLASIKA (Blasman Ikatan Alumni).

Kepala Sekolah SMAN 1 Blahbatuh, I Ketut Sulatra menjelaskan, pemilihan OSIS mirip Pemilu ini untuk memberikan pendidikan demokrasi sekaligus mengenalkan tahapan pemilu ke peserta didik. Karena situasi pandemi, pemilihan ketua osis ini juga menjadi ajang untuk memberikan kesempatan siswa memanfaatkan IT dalam pelaksanaan kegiatan. Mulai dari kampanye yang dilaksankan di media sosial, pelaksanaan debat yang dapat diikuti vitual dan pemungutan suara secara E-Voting.

“Pemiihan OSIS kali ini memang terasa berbeda, ditengah pandemi kami ingin memberikan ruang osis blasman untuk berkreatifitas dengan aman dan tak lupa kami ingin siswa mengembangkan keterampilan dibidang pemanfaatan teknologi, Karena situasi pandemi, maka pencoblosan yang biasa dilaksanakan secara langsung juga akan dilaksanakan melalui E-Voting pada tgl 18 Oktober 2020” ungkapnya saat di temui di sekolah pada Selasa, 12 Oktober 2020.

Pemilihan Ketua OSIS tahun ini diikuti tiga pasangan calon yaitu paslon 01 atas nama I Made Arya Artha Swandara berpasangan dengan Ida Ayu Made Paramita Ksamwati. Paslon nomor urut 02 yaitu Anak Agung Istri Agung Vivilya Maha Putri berpasangan dngan Made Stri Shanti Kesari Pradnyani, lalu paslon nomor urut 03 atas nama Gusti Ayu Alfa Arthamelia berpasangan dengan I Putu reza Wedangga. (king)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *