oleh

Wayan Murdana: Sekolah Negeri dan Swasta Sama Saja

DENPASAR | Letternews.net — Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di Kota Denpasar akan dimulai tanggal 18 Juni 2020, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini masih menyesuaikan dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. Ungkap Kepala SMPN 3 Denpasar I Wayan Murdana SPd M.Si di ruanganya pada Senin, 15 Juni 2020.

I Wayan Murdana SPd M.Si mengatakan SMP Negeri 3 Denpasar menerapkan penerimaan siswa baru mengikuti acuaan Disdikpora Kota Denpasar dengan tetap menggunakan sistem zonasi sesuai dengan tahun sebelumnya, yang membedakan tahun ini adalah seleksi penerimaan siswa dengan menggunakan nilai hasil belajar. Jelasnya

Ada empat teknis dalam pelaksanaan PPDB ada menggunakan jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. Bedanya, ada pada seleksi menggunakan nilai hasil belajar dan wajib memiliki Kartu Keluarga (KK) Denpasar.  Terang I Wayan Murdana.

“pendaftaran siswa akan dilakukan menggunakan sistem aplikasi online” kata I Wayan Murdana

I Wayan Murdana berharap kepada setiap orangtua murid untuk tidak lagi melihat dikhotomi perbedaan antara sekolah favorit dan bukan favorit karena sejatinya penerapan PPDB dengan sistem zonasi kini mengacu pada kompetisi nilai.

Sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan mampu menghilangkan dikotomi antara sekolah favorit dan sekolah nonfavorit.

“(Sistem zonasi) akan mendorong pemerataan mutu, karena sebaran siswa yang berkualitas tidak hanya bertumpu pada sekolah yang dianggap favorit,” ujar I Wayan Murdana

“Pendaftaran di SMP Negeri 3 Denpasar di buka mulai tanggal 18 Juni 2020 mendatang. Sekarang pendaftarannya mereka menggunakan aplikasi dan mendaftarnya langsung di sekolah masing-masing,” ujar I Wayan Murdana. (rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *