oleh

Pengkab POSSI Kabupaten Gianyar Gelar Kejuaraan Finswimming Bupati Gianyar Cup I.

Letternews.id, Gianyar — Cabang Olahraga Selam (finswimming) mulai menggeliat di Bumi Seni Gianyar. Hal ini terlihat dari berbagai raihan prestasi peselam Kabupaten Gianyar baik di kancah regional maupun nasional.

Pada ajang Porprov 2019, peselam Gianyar mampu menyumbangkan 1 emas, 3 perak dan 9 perunggu serta prestasi exhibisi Porjar dengan memperoleh 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Serta di ajang Prapon, Pengkab Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Gianyar juga berkontribusi 1 atlet yang lolos ke PON 2020.

Sementara untuk menjalin persatuan dan kesatuan serta evaluasi pembinaan dan peningkatan prestasi atlet finswimming di Kabupaten Gianyar, Pengkab POSSI Kabupaten Gianyar menggelar kejuaraan Finswimming Nomor Kolam Bupati Gianyar Cup I antar sekolah dan perkumpulan di Kolam Renang Waterboom Bukit Jati, (15/12).

Ketua Umum POSSI Kabupaten Gianyar, Gusti Ngurah Swarna mengatakan, kejuaraan diikuti oleh 71 atlet dari kelompok umur SD, SMP, SMA/SMK. Dengan nomor yang dipertandingkan yakni 100 Meter Surface Putra/Putri tingkat SD, SMP, SMA/SMK, 100 Meter Bifin Putra/Putri tingkat SD, SMP, SMA/SMK, 50 Meter Surface Putra/Putri tingkat SD, SMP, SMA/SMK, 50 Meter Bifin Putra/Putri tingkat SD, SMP, SMA/SMK, 25 Meter Kaki Surface Putra/Putri tingkat SD (kelas 1,2,3), serta 25 Meter Kaki Bifin tingkat SD (kelas 1,2,3).

Ketua Umum KONI Kabupaten Guanyar, Pande Putu Purwata mengatakan, selam menjadi salah satu cabang olahraga yang akan menjadi target KONI Kabupaten Gianyar untuk berprestasi baik diajang Porprov maupun terekrut lebih banyak lagi di Sea Games dan Asian Games. Sehingga diharapkan kepada orang tua atlet untuk selalu memotivasi anaknya untuk meningkatkan prestasinya.

“Menjadi atlet berprestasi di Gianyar sekarang, selain merupakan kebanggaan juga menjanjikan kesejahteraan,” kata Pande Purwata.

Ditambahkan Purwata, selam juga menjadi Cabor yang nantinya diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Gianyar di setiap event kejuaraan, Bupati Gianyar juga telah merancang pembangunan kolam renang aquatik taraf internaional dengan jarak 50 meter di daerah Sukawati.

Selain itu, Pemkab Gianyar juga telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2019 tentang keolahragaan yang didalamnya salah satunya mengatur tentang atlet berprestasi diproteksi dengan asuransi, diprioritaskan mendapatkan sekolah yang diharapkan, serta diprioritaskan untuk mendapat pekerjaan.


“Pemkab Gianyar merupakan kabupaten pertama di Bali yang memiliki Perda Keolahragaan disamping Provinsi sendiri,” imbuh Pande Purwata.

Sementara Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ngakan Putu Darmajati mengatakan, sebagai bagian dari pola pembinaan berkesinambungan, melalui kejuaraan finswimming ini diharapkan lahir bibit-bibit atlet berprestasi yang nanti bisa ditampilkan di berbagai event baik di tingkat nasional maupun internsional.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu media untuk lebih memasyarakatkan olahraga finswimming di Kabupaten Gianyar khususnya dikalangan pelajar dan generasi muda,” kata Ngakan Putu Darmajati. (Ari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *