oleh

Api Unggun Tutup Kemah Jambore Pramuka Cabang Denpasar

Letternews.id, Denpasar — Tujuh ratus anggota Penggalng Pramuka dari 37 gugus depan yang berpangkalan di SMP mengelilingi sebuah lapangan di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Sabtu malam (26/10/2019), mengikuti upacara di tengah redupnya suasana.

Salah satu regu saat menampilkan pentas seni budaya

Di tengah suasana hening itu, Drs. I Made Arawan selaku sekretaris Cabang Denpasar selaku pembina upacara, menyampaikan tiga pesan untuk para peserta, yaitu: Pertama, laksanakan dan wujudkan Trisatya dan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan keluarga, masyarakat, dan di lingkungan berbangsa dan bernegara; Kedua, persiapkan diri kalian untuk menyongsong masa depan, mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mempersiapkan ilmu pengetahuan, menguasai teknologi, dan menjiwai semangat Pancasila; Dan, ketiga, kalian harus senantiasa berbakti kepada orang tua, kepada guru, serta kepada bangsa dan negara.

Upacara Api Unggun sekaligus acara penutupan Jambore Cabang Denpasar. Di sini Arawan atas nama pimpinan Kwarcab Denpasar menutup secara resmi Kemah Jambore Cabang Denpasar yang telah berlangsung sejak Jumat (24/10/2019) dengan menyambut kampak, yang merupakan tanda berakhirnya kegiatan.

Made Arawan dalam sambutannya mengharapkan agar materi yang telah disampaikan oleh narasumber bisa dijadikan sedikit bekal untuk para peserta dalam menghadapi rinntangan, tantangan, dan hambatan masa depan. Mengingat tantangan masa depan cukup berat, seperti sebelumnya disampaikan narasumber, maka para peserta harus mempersiapkan diri. Dunia kerja masih luas dan masih panjang, dan terus berjuang. Dan, “Kalian harus siap berkompetisi,” ujar Arawan.

Lanjut Arawan Gerakan Pramuka diharapkan mampu menjadi garda terdepan sebagai wadah pembentukan karakter bangsa dan mencetak generasi muda yang tangguh, handal, berkualitas, mumpuni dan berbudi pekerti luhur.

” Pramuka adalah wadah yang pas dalam pembentukan watak serta karakter anak muda ditengah perkembangan jaman yang kian tak menentu ini, untuk itu inovasi dan ragam kegiatan diharapkan tidak monoton dan terus berproses sesuai kemajuan era saat ini ” ujarnya.

Selain itu, anggota pramuka juga diharapkan dapat ambil bagian terdepan dalam upaya membantu program pemerintah diberbagai bidang terutama masalah sosial kemasyarakatan dan kesiapsiagaan bencana alam. Tutupnya Arawan. (Anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *