oleh

Lomba Ukir Buah Mendapat Perhatian, Pengunjung Festival Agribisnis 2019

Letternews.id, Denpasar — Lomba mengukir buah (carving fruit) di ajang Festival Agribisnis Provinsi Bali Tahun 2019, mendapat perhatian pengunjung. “Kegiatan lomba mengukir buah untuk hiasan meja tersebut diikuti pelajar SMK dan sekolah pariwisata di Seluruh Bali,” kata Ketua Dewan Juri Lomba Ukir Buah, Chef Nyoman Tedun di lapangan timur Monumen Banjra Sandhi Renon, Jumat.(5/10).

Juara 1 Lomba Ukir Buah. I Kadek Kurniarta asal. SMK N 2 Sukawati Kelas 12 Jurùsan, Tata Boga,

Nyoman Tedun mengatakan lomba tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PTHP), sebagai sarana promosi pariwisata. Kegiatan yang menyedot perhatian wisatawan yang berkunjung ke Monumen Banjra Sandhi dan mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri serta gunakan produksi daerah sendiri. lomba tersebut diikuti 40 peserta. Mereka memperkenalkan kreasi dan seni dalam bentuk ukiran.

“Para peserta lebih banyak menampilkan bahan berupa buah melon, pepaya, labu, lobak, cabai dan lainnya. Namun dasar yang lebih dikenal digunakan adalah pepaya dan semangka,” ujar Chef Tedun yang juga dosen STPBI.

Gubernur Bali Tinjau Lomba Ukir Buah

Ia mengatakan dari pengamatan dan penilaian dewan juri, peserta lomba belum menunjukkan kreasi yang rumit atau inovatif. Namun kesannya masih berpatokan pada lomba-lomba ukir buah sebelumnya.

“Saya amati tingkat kerumitan dalam menuangkan ukiran buah belum ada yang terlalu inovatif. Mereka masih pada pola lama yang dituangkan dalam lomba kali ini,” ujar Chef Senior itu.

Tedun mengatakan lebih lanjut para peserta lomba pun masih pada tema lama. Jadi kesannya belum ada yang inovatif sekali dalam penuangan ukiran tersebut.

“Namun demikian pihaknya mengapreasi semua peserta karena mereka sudah bersedia mengikuti lomba sehingga pengunjung Festival Agribisnis merasa terhibur oleh penampilan ukiran buah tersebut,” ucapnya.

Chef Tedun juga mengapresiasi peserta satu-satunya wanita yaitu. Ni Kadek Satya Dewi Saraswati asal. SMK Pratama Widya Mandala Badung Kelas 11 jurusan Kuliner itu, dengan tema Burung kakak tua sedang hinggap di perkebunan karya Kadek menggunakan bahan dasar Keladi yang di ukir menyerupai Burung kakak tua.

Lomba Ukir Buah dimenangkan oleh. I Kadek Kurniarta asal. SMK N 2 Sukawati
Kelas 12 Jurùsan, Tata boga. Kurniarta sendiri mempersiapkan lomba Hanya 3 hari dengan binaan. I Gusti Ngurah Oka Suparsa sampai mampu menjuarai peringkat 1 Dengan membawa pulang piagam, tropi dan uang pembinaan. (Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *